Home Mom Ayunan Bayi Manual VS Ayunan Bayi Otomatis. Pilih Mana?

Ayunan Bayi Manual VS Ayunan Bayi Otomatis. Pilih Mana?

by Caswitin
ayunan bayi otomatis

Dengan adanya ayunan bayi, maka Anda dapat melakukan kegiatan lain sembari memantai si kecil yang tertidur nyenyak di ayunan. Seiring berkembangnya zaman, ayunan bayi manual memiliki perkembangan hingga muncul ayunan bayi otomatis yang keduanya memiliki perbedaan masing-masing. Sampai saat ini, banyak sekali ditemukan beragam jenis ayunan. Mulai dari model, bahan yang digunakan, hingga motif-motif yang disajikan. Namun, sudahkah Anda tahu perbedaan dari ayunan bayi yang manual hingga ayunan bayi yang terkemas secara otomatis? Berikut pembahasannya.

Perbedaan Ayunan Bayi Manual dengan Ayunan Bayi Otomatis

1. Ayunan Bayi Manual

ayunan bayi manual

ayunan bayi manual

Umumnya, ayunan bayi manual merupakan ayunan yang dapat dengan mudah untuk Anda buat sendiri di rumah. Hal-hal yang membedakan ayunan bayi manual dengan otomatis dapat Anda pantau sendiri di lihat dari kelebihan dan juga kekurangannya yang ada di bawah ini.

Kelebihan Ayunan Manual:

a. Harga Terjangkau
Tentu ayunan yang satu ini jelas memiliki harga yang sangat terjangkau. Bahkan, bisa jadi Anda tidak mengeluarkan biaya sama sekali jika memiliki kemampuan untuk membuatnya sendiri di rumah. Namun, jika mengunginkan ayunan manual dengan keamanan yang bagus, Anda dapat membelinya di toko sekitar, toh harganya terjangkau dan tidak semahal ayunan jenis otomatis.
b. Perawatan Mudah
Selain murah, perawatannya juga mudah. Ayunan jenis ini hanya memerlukan sedikit perawatan saja sehingga praktis dari segi perawatannya jika dibandingkan dengan ayunan bayi otomatis.
Kelemahan Ayunan Manual:
c. Fasilitas Kurang
Fasilitas tambahan seperti suara-suara menarik untuk anak atau music sejenis menjadi salah satu hal yang disukai si kecil. Namun, Anda tidak akan menemukan fasilitas tersebut pada ayunan manual ini sebab memang hanya memiliki fungsi untuk mengayun bayi saat sedang tidur atau pun saat hendak tertidur.
d. Kemanannya Masih Kurang Terjamin
Jika Anda tidak memperhatikan dan mnegawasi bayi ketika diayunan secara langsung, maka Anda juga tidak dapat memastikan keamanan yang didapatkan si bayi. Maka dari itu, pastian berada dalam jangkauan dan berhati-hati ketika mengayunkan ayunan manual tersebut.

Baca Juga:   Memilih Ayunan Bayi yang Aman Ketika Digunakan

2. Ayunan Otomatis

ayunan bayi otomatis

ayunan bayi otomatis

Di samping ayunan manual, terdapat ayunan otomatis yang memiliki beberapa fitur tambahan sehingga menarik untuk dikenakan si bayi. Ayunan bayi otomatis ini juga memiliki kelebihan dan kekuarangan sebagai berikut.

Kelebihan ayunan otomatis:

a. Dilengkapi Berbagai Macam Fitur
Bayi Anda akan difasilitasi berbagai macam fitur tambahan jika menggunakan ayunan otomatis sehingga membuatnya lebih betah dan tidak merasa kesepian. Kenapa? Sebab ayunan otomatis dilengkapi dengan musik atau suara-suara yang disukai oleh bayi. Bahkan Tempat tidur ayunan bayi otomatis pun dapat dikatakan sebagai tempat yang nyaman sebab sudah disesuaikan dengan kebutuhan si bayi.
b. Praktis
Dibandingkan dengan ayunan manual, maka ayunan otomatis ini dapat dikatakan lebih praktis karena memiliki kemampuan untuk mengayun sendiri secara otomatis. Kecepatan yang disediakan pun sudah ditentukan sesuia dengan standar sehingga tidak berbahaya.
Kekurangan Ayunan Bayi Otomatis:
c. Membutuhkan Perawatan yang Baik
Karena tersedia dalam kondisi yang tidak sesimpel ayunan manual, maka ayunan otomatis ini membutuhkan perawatan yang harus baik pula. Seperti berat badan bayi yang harus sesuai supaya tidak mudah rusak, dan lain sebagainya.
d. Harga Cukup Mahal
Ayunan bayi otomatis jenis ini memang memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan ayunan manual yang dibahas sebelumnya. Namun, harga ayunan bayi otomatis murah pun kini sudah ada dan sudah bisa dijangkau oleh banyak orang meskipun belum bisa sama dengan harga ayunan manual.

Nah, ayunan apa yang hendak Anda pilih? Apapun pilihannya, tetap mengutamakan kebahagiaan, kenyamanan, dan keamanan si buah hati ya. Selesai sudah pembahasan tentang ayunan bayi manual dan ayunan bayi otomatis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:   Menidurkan Bayi dengan Mudah Menggunakan Ayunan Bayi

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More