Perlengkapan Anak

Bahan Makanan yang Baik untuk Membuat Bubur Bayi

Bayi usai 6 bulan ke atas sudah waktunya diberi makanan tambahan selain ASI. Di usianya yang sudah menginjak setengah tahu tersebut, ASI saja kurang bisa mencukupi kebutuhan nutrisinya. Selain itu masuknya bahan makanan yang lebih padat akan membantu saluran pencernaannya berlatih untuk mengolah makanan. Namun seperti pada tahapan belajar, makanan yang masuk haruslah bertekstur lembut serta kaya gizi sehingga bisa menjadi pelengkap kebutuhan nutrisi sekaligus latihan untuk saluran cernanya tanpa membuatnya kaget. Bubur bayi menjadi pilihan terbaik dimana Anda bisa membelinya secara langsung atau mengolahnya sendiri di rumah.

Untuk bubur yang sudah setengah jadi, Anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena sekarang ini banyak produsen bubur dan susu bayi yang telah membuat dan memasarkannya secara luas. Ada banyak pilihan rasa yang bisa Anda pilihkan untuk si kecil agar si kecil tidak bosan dan mengenal berbagai rasa yang ada. Selain membeli produk setengah jadi, Anda juga bisa membuat bubur sendiri dengan cara yang cukup mudah yaitu memblender atau membuat nasi seencer mungkin sehingga mudah dicerna oleh sang bayi. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang bergizi sehingga tak hanya mengenyangkan namun juga memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Banyak bahan makanan di sekitar kita yang baik digunakan sebagai bahan membuat bubur bayi, diantaranya:

  • Hati ayam.

Hati ayam mengandung banyak zat besi dan protein yang baik untuk pertumbuhan bayi. Selain itu kandungan mineralnya juga lengkap untuk metabolisme bayi.

  • Beras merah.

Gunakan beras merah sebagai sumber karbohidrat dan serat yang baik untuk pencernaan bayi. Jika memungkinkan pilihlah beras merah organik agar lebih aman dari pengaruh bahan kimia.

  • Sayuran.

Sayuran hijau juga banyak mengandung zat besi dan mineral penting untuk pertumbuhan khususnya sayur bayam. Selain bayam, brokoli dan wortel juga bisa dilembutkan untuk tambahan sumber serat dan mineral penting.

  • Buah.

Buah juga bisa menjadi makanan selingan. Tak perlu dicampur dengan bahan lainnya, Anda bisa menyisir pisang atau alpukat dan langsung diberikan pada bayi Anda.

Selain bahan makanan di atas, masih banyak lagi bahan makanan yang baik untuk bubur bayi. Namun ada juga bahan makanan yang sebaiknya tidak digunakan misalnya coklat, gula dan makanan yang terlalu berlemak atau terlalu manis. Untuk bahan makanan yang kerap menimbulkan reaksi alergi, sebaiknya tidak diberikan sebelum bayi berusia 9 bulan atau 12 bulan untuk menghindari resiko alergi di kemudian hari. Untuk pemberian daging, terlebih dahulu kenalkanlah bayi dengan cara membuat kaldunya hingga bayi memiliki gigi yang cukup untuk mencerna daging secara langsung. Selalu pantau perkembangan pola makan bayi agar Anda semakin mengetahui perkembangan dan kebutuhan nutrisinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *