Tips dan Trik

Bahan Pembuat Bubur Bayi dan Manfaatnya

Bayi yang menginjak usia lebih dari 6 bulan seharusnya sudah mulai diperkenalkan dengan makanan tambahan atau makanan pendamping ASI yang memiliki tekstur lembut seperti bubur. Saat ini sudah banyak produk makanan bayi instan yang menjual bubur cepat saji hanya dengan menambahkan sedikit air hangat dan mengaduknya. Ada pula yang berbentuk biskuit sehingga bisa langsung diberikan juga pada bayi yang sudah mulai tumbuh gigi. Namun jika Anda membuat sendiri bubur bayi Anda untuk mengetahui kandungan gizinya, maka hal tersebut justru lebih baik dan dianjurkan.

Makanan bayi apalagi bayi yang baru menginjak usia dibawah 1 tahun seharusnya memiliki nilai gizi yang lengkap dan seimbang. Jika bayi Anda sudah dibiasakan hanya mengkonsumsi bubur instan saja maka bisa jadi asupan nutrisinya kurang lengkap atau beragam. Kesulitan akan timbul ketika bayi mulai dewasa dan menjadi pemilih makanan karena sejak kecil tidak diperkenalkan dengan jenis makanan yang lebih luas seperti sayur dan buah.

Salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan bayi adalah sumber karbohidrat, bahan makanan bubur bayi yang sering digunakan adalah nasi merah yang di tim. Nasi merah sendiri berasal dari beras merah yang memiliki banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan nasi putih yaitu:

  • Lebih kaya akan antioksidan.
  • Kaya akan serat yang baik untuk saluran cerna.
  • Mengandung banyak protein.
  • Rendah gula dibandingkan nasi putih.
  • Kaya akan mineral penting bagi pertumbuhan seperti selenium dan mangan.

Baca Juga: 6 Prosedur Penting dalam Memilih Bubur Bayi Instan untuk Si Kecil

Selain beras merah, bayi juga sangat perlu untuk diperkenalkan pada sayuran dan buah-buahan. Berikut ini adalah daftar sayuran yang baik untuk pertumbuhan bayi dan manfaatnya:

  • Brokoli, kaya akan protein, mineral dan kalsium yang penting untuk pertumbuhan tulang.
  • Wortel, kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata.
  • Kacang-kacangan, mengandung protein nabati yang baik.
  • Bayam, mengandung banyak zat besi, asam folat dan mineral lain untuk pembentukan sel darah.
  • Tomat, mengandung vitamin C yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Seledri, mengandung mineral yang dalam jumlah kecil diperlukan bayi. Blender seledri bersamaan dengan nasi merah untuk tambahan.

Itulah daftar bahan pembuat bubur bayi yang baik digunakan untuk menambah asupan nutrisi bayi di usianya yang belum genap 1 tahun. Untuk pemberian lauk daging atau hewani lainnya bisa diberikan secara bertahap baik dalam hal tekstur atau jumlahnya untuk mencegah alergi pada bahan hewani tertentu. Namun perlu diingat meski Anda sudah memberikan makanan pendamping, ASI tetaplah harus diberikan secara maksimal setidaknya hingga bayi berusia 2 tahun agar bayi Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang prima hingga ia tumbuh dewasa kelak.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *