Tips dan Trik

Bayi dan Bantal Bayi

Bayi adalah manusia paling rentan di dunia. Hal itu memang benar adanya. Bayi memang masih sangat lemah. Daya tahan tubuhnya juga masih sangat rendah. Ini mengakibatkan sangat rentan terkena penyakit. Itulah sebabnya bayi hingga usia 5 tahun sering mengalami sakit. Selain itu fungsi – fungsi dari tubuhnya pun masih terbilang lemah. Bahkan untuk urusan tidur pun harus hati – hati. Hal ini berkaitan dengan pemakaian bantal bayi. Bayi dan bantal bayi merupakan topik yang sangat menarik untuk dibahas.

Bayi dan Bantal Bayi

Banyak orang yang meremehkan urusan bantal bayi. Kurangnya pengetahuan membuat urusan yang berkaitan dengan penggunaan bantal bayi membuat masih banyak salah penafsiran tentang hal ini. Tahukah anda bahwa penggunaan bantal bayi tidak dianjurkan untuk bayi anda. Hal ini dikarenakan bayi belum mampu menopang lehernya. Disamping itu karena kepala bayi masih sangat lunak.

Bahaya dari penggunaan bantal bayi adalah sebagai berikut :

  • Kesulitan bernapas

Bayi masih belum mampu menopang lehernya. Sehingga ketika kepala bayi diletak di bantal, ketika tanpa sengaja menoleh, ada kemungkinan tertutup oleh bantal. Ini bisa menyulitkan bayi bernapas. Bahaya bukan?

  • Sindrom kepala datar

Perlu diingat bahwa kepala bayi masih sangat lunak. Penggunaan bantal, bahkan bantal untuk bayi sekalipun bisa membuat kepala bayi gepeng pada satu sisi karena tertahahan pada satu sisi.

  • Kepanasan

Perlu diingat bahwa kulit bayi masih sangat rentan. Penggunaan bantal bayi bisa membuat bayi kepanasan. Terutama untuk bantal yang sarungnya terbuat dari polister.

Baca Juga:Tips Memilih Tempat Tidur dan Bantal Bayi untuk Bayi Baru Lahir

  • Cedera / keseleo

Kondisi bayi yang belum mampu menahan atau menopang leher memungkin hal ini terjadi. Anda tentu saja tidak ingin hal ini terjadi pada bayi kesayangan anda tentunya.

Mungkin anda saat ini bertanya – tanya apakah selamanya bayi tidak boleh menggunakan bantal? Jawabannya tentu saja tidak selamanya. Penggunaan bantal untuk bayi tidak dianjurkan untuk bayi yang berusia di bawah  2 tahun. Artinya jika bayi anda sudah berusaha 2 tahun, dibolehkan untuk menggunakan bantal. Tapi itu pun harus dilakukan secara bertahap.

Ketika usia bayi anda sudah mencukupi untuk menggunakan bantal, ada hal lain yang harus dipertimbangkan. Gunakan bantal yang khusus diperuntukan untuk bayi, itulah yang harus anda perhatikan. Ini tentu saja tetap berkaitan dengan kondisi bayi anda. Meskipun sudah berumur 2 tahun, tetap saja daya tahan tubuhnya belum sekuat atau senormal manusia pada umumnya. Kembali lagi anda harus hati – hati untuk hal ini. Tapi kali ini solusinya cukup mudah. Sekarang sudah banyak dijual bantal khusus untuk bayi. Jangan ragu pilih yang yang terbaik, agak lebih mahal sedikit enggak apa – apa.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *