Tips dan Trik

Bayi Obesitas

Bayi Obesitas – Bayi yang terlihat sehat dan gemuk, tentu menjadi dambaan para orangtua. Karena, bayi yang gemuk terlihat lucu dan menggemaskan. Orangtua juga merasa senang, karena merasa upayanya untuk memberikan makanan dan nutrisi untuk bayi dinilai berhasil. Tapi benarkah bayi yang gemuk tandanya selalu sehat? Bagaimana dengan bayi yang mengalami obesitas? Bukankah yang berlebihan itu biasanya tidak baik? Seperti yang kita tahu, bayi gemuk tidak selalu sehat. Ia bisa berpotensi mengalami obesitas dan orangtua yang memiliki berat badan berlebih 80% berpotensi memiliki bayi yang gemuk. Bila salah satu saja orangtua yang gemuk, kemungkinannya untuk memiliki anak gemuk menjadi 40%. Perlu diketahui, gemuk yang tak diatasi bisa mengarah pada obesitas.

Untuk memastikan bayi mengalami obesitas atau tidak tentu diperlukan pemeriksaan. Meski begitu, ada beberapa indikator yang bisa mengarah ke ciri-ciri bayi obesitas alias bayi gemuk yang tak sehat lagi :

  1. Gemuk atau berat badannya di atas rata-rata berat normal untuk usianya dan besar. 
  2. Terjadi kenaikan berat badan tiap bulan di atas rata-rata kenaikan berat bayi. 
  3. Terdapat lipatan-lipatan pada tubuh terutama bagian dagu. 
  4. Pipi tampak tembam, leher pendek atau relatif tak terlihat. 
  5. Pada bayi laki-laki terjadi pembesaran payudara di dadanya dan alat kelamin kecil karena jaringan lemak di area kelamin menumpuk dan menghambat perkembangan alat vitalnya.

Berikut adalah tips mencegah obesitas pada bayi :

  • Menimbang berat badan

Untuk memastikan bahwa Anda tidak melahirkan bayi yang kelebihan berat badan, timbang berat badan Anda secara teratur selama kehamilan. Agar lebih sehat, Anda bisa meningkatkan diet sehat dan olahraga ringan selama masa kehamilan.

  • Memberi ASI

Semahal apa pun susu yang Anda beli, ASI tetaplah juaranya. Selain lebih sehat, ASI menurunkan risiko obesitas pada bayi Anda. Ingat, sesuatu yang alami selalu berdampak baik bagi kesehatan.

  • Bayi tak suka ASI

Meski tak banyak, beberapa bayi merasa enggan untuk minum ASI. Dalam kasus tersebut, Anda bisa menjaga berat badannya dengan mengontrol porsi susu. Jangan biarkan mereka minum susu formula secara berlebihan! Kadang rasa sayang membuat kita jadi buta dan malah membahayakan kesehatan mereka. Anda harus tegas ketika bayi Anda minum susu secara tidak terkontrol. Ini semua demi kesehatannya kelak.

  • Memberi makan sebelum diminta

Kadang beberapa ibu harus menunggu sampai si anak memberi sinyal lapar. Solusi terbaik untuk menghindari obesitas adalah dengan mengatur waktu makan. Berilah bayi Anda makan secara teratur.  Mengontrol nafsu makan anak menjadi cara terbaik untuk mengatasi obesitas. Ini tentu bukan masalah sepele. Obesitas memiliki banyak efek buruk terhadap kesehatan Anda dan anak Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *