Tips dan Trik

Bayi Sehat Harus Makan Makanan Organik, Benarkah?

Makanan yang serba organik merupakan makanan sehat yang tidak tercampur dengan segala hal yang berbau kimia. Makanan organik kini sedang populer bagi penggiat hidup sehat karena memang makanan organik ini lebih alami. Banyak juga saran yang diberikan untuk orang tua agar bisa memberikan makanan organik kepada bayi agar mereka bisa tumbuh sehat. Banyak sekali alasan mengapa bayi sehat bisa tumbuh dengan pemberian makanan organik ini.

Makanan organik ini banyak dijadikan pilihan sumber makanan bagi bayi. Makanan organik bisa didapatkan dari tidak digunakannya pupuk sintetis dan juga pestisida pada pertumbuhannya. Sampai saat ini, pestisida masih banyak dipakai oleh para petani demi melindungi tanamannya dari serangga serta jamur. Padahal pestisida ini mampu meninggalkan banyak sekali residu pada makanan. Memang makanan organik sangat baik dari segi fungsi dan manfaat, namun terkadang banyak juga orang tua yang terkendala akan harga makanan organik yang begitu mahal.

Tetapi Anda tidak perlu terburu-buru mengklaim jika semua makanan non organik juga tidak sehat. Hal ini lantaran jumlah residu pun sebetulnya juga sudah diatur oleh pemerintah sehingga tidak memiliki batasan yang diperbolehkan. Yang terpenting, untuk mendapatkan bayi sehat maka Anda harus bisa memberikan makanan kaya nutrisi dan vitamin. Berikut ini beberapa pilihan makanan yang bisa dijadikan pilihan untuk si kecil:

  • Apel, anggur, pir dan strawberry

Apel, anggur, pir dan strawberry merupakan buah yang kaya akan serat dan juga nutrisi. Oleh karena itu pastikan berikan kepada bayi Anda. Bagi yang memilih buah organik, ada baiknya tetap mencuci buah terlebih dulu sebelum disantap. Sedangkan untuk buah yang non organik ada baiknya untuk dicuci lalu dikupas kulitnya karena bisa jadi banyak residu tertinggal di sana.

  • Bayam, seledri dan daun selada

Sayuran seperti bayam, seledri dan daun selada memiliki kandungan yang amat kaya dengan vitamin dan mineralnya. Selain itu, sayur tersebut juga rendah kalori. Tetapi jika makanan non organik, residu pestisidanya umumnya lebih tinggi sehingga ada baiknya Anda memilih yang organik. Jika tidak pun, ada baiknya untuk membersihkannya hingga dirasa benar-benar bersih.

  • Susu dan daging

Susu dan daging juga punya kandungan nutrisi yang banyak dan baik untuk pertumbuhannya. Mengenalkan susu sapi dan daging sejak kecil juga mampu meminimalisir resiko anak terkena alergi susu sapi.

Itulah sedikit ulasan tentang makanan organik dan non organik untuk bayi sehat Anda. Jika Anda memilih makanan non organik maka beberapa makanan seperti nanas, alpukat, jagung manis, semangka, hingga jamur merupakan bahan makanan dengan residu pestisida rendah yang bisa jadi pilihan. Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi pada dokter anak dan ahli gizi.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *