Perlengkapan Anak

Beberapa Hal Ini Wajib Anda Ketahui Ketika Merawat Bayi yang Baru Saja Lahir

Bagi yang belum berpengalaman seperti para ibu baru, merawat bayi yang baru saja lahir itu merupakan sesuatu yang tidak mudah. Bayi yang baru saja lahir itu berbeda dengan anak yang sudah usia balita ataupun lainnya. Karena proses adaptasi pada lingkungan baru yang dialami sering menimbulkan masalah. Artinya anak Anda perlu perhatian khusus supaya dengan proses berjalan bisa mengenal lebih baik lagi pada lingkungan baru. Baik dengan lingkungan sekitar ataupun orang-orang yang ada di sekelilingnya.

 10 Manfaat Membaca buku yang Harus Anda Ketahui

Sebagai calon ibu ataupun ibu baru perlu sekali belajar banyak hal mengenai perawatan yang tepat untuk buah hati. Hal ini penting karena salah saja pasti akan berakibat buruk terhadap perkembangan ataupun kesehatan. Nah, hal-hal penting tersebut itu diantaranya adalah:

  • Menyusu setiap 1-2 jam sekali.

Lambung pada bayi mempunyai ukuran yang masih kecil, jadi secara otomatis orang tua harus memahami bila butuh asupan dalam jumlah sedikit. Namun jumlah itu harus diimbangi dengan proses yang rutin, artinya bunda harus paham jika bayi butuh ASI selama 1 sampai 2 jam sekali. Nah, ini sering menjadi masalah ketika bayi tertidur secara terus menerus. Namun jika memang sudah waktunya, ada baiknya bayi dibangunkan untuk mendapatkan ASI rutin.

  • Gumoh pada bayi.

Setelah ASI masuk dalam mulut bayi, sering sekali mereka mengalami gumoh. Hal ini tidak berbahaya, jadi orang tua tidak perlu panik. Untuk mengatasi hal ini bisa dengan menghentikan ASI, ingat lagi jika lambung bayi mempunyai ukuran yang lebih kecil sehingga wajar saja ketika mengalami gumoh.

  • Tidur lebih lama.

Setiap harinya bayi menghabiskan waktu untuk tidur dan juga mengkonsumsi ASI, untuk beristirahat sendiri bisa lebih dari 15 jam setiap harinya. Ini wajar saja, namun untuk merawat bayi yang tepat ada baiknya Anda pahami jam istirahat secara tepat. Anda harus siap dengan kondisi dimana bayi susah sekali tidur malam.

  • Kulit sensitive.

Jangan samakan kulit bayi dengan orang dewasa, karena bayi mempunyai tingkat sensitive yang lebih. Bukan hanya masalah dengan kondisi alam seperti cuaca ataupun yang lainnya, tetapi juga beberapa hal yang menyebabkan kulit iritasi seperti pemakaian lotion bayi, bedak dan sebagainya.

Dengan mengetahui beberapa hal umum diatas bukan tidak mungkin Anda akan biasa melakukan perawatan pada buah hati. Ada baiknya memang sebagai calon ibu ataupun ibu baru perlu mencari informasi-informasi penting tentang cara merawat bayi yang tepat. Bukan hanya pada saat sakit tetapi juga perawatan secara umum. Dengan begitu Anda akan melihat tumbuh kembang buah hati yang baik, normal dan tentunya selalu membahagiakan kedua orang tua. Semoga sedikit tips diatas memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *