Perawatan Bayi

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Bayi Baru Lahir

Selain membahagiakan, kehadiran bayi turut pula menguras tenaga dan emosi. Kekhawatiran pun turut timbul, terutama pada orang tua yang baru memiliki anak. Mereka biasanya mengalami kebingungan dalam merawat bayi baru lahir.

Sejak jauh-jauh hari, Anda mungkin telah melakukan banyak persiapan untuk menyambut kehadiran buah hati. Walaupun demikian, Anda tetap memerlukan penyesuaian besar terhadap peran baru sebagai orang tua. Beberapa hal di bawah ini wajib diperhatikan saat merawat bayi baru lahir.

Jaga kebersihan dan keamanan bayi

Anda harus menjaga kebersihan tangan, terutama saat hendak memegang atau menggendong bayi yang baru lahir. Sebelum melakukan kontak dengan bayi, Anda sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu agar bayi Anda terhindar dari serangan kuman.

Ketika akan menggendong bayi baru lahir, Anda harus berhati-hati. Perhatikan pegangan Anda terutama pada bagian kepala dan leher bayi. Jangan mengguncang-guncang bayi saat membangunkannya karena dapat menyebabkan pendarahan di otak. Jangan pula melakukan lempar tangkap atau menggoyang-goyang bayi di lutut karena itu berbahaya bagi bayi.

Mengganti popok

Ini merupakan salah satu poin yang dianggap susah dalam merawat bayi. Anda bisa mengganti popok bayi baru lahir hingga 10 kali dalam sehari, tergantung asupan ASI atau susu formula yang diterima bayi. Umumnya bayi yang terpaksa diberi susu formula sejak lahir memiliki frekuensi kencing lebih tinggi dibandingkan bayi yang diberi ASI.

Sementara itu, bayi baru akan buang air besar untuk pertama kali setelah satu atau dua hari pasca dilahirkan. Kotoran bayi baru lahir yang baik berupa mekonium berwarna hitam, yang terdiri dari lendir, cairan ketuban, dan segala sesuatu yang ditelan bayi saat berada di dalam kandungan.

Memandikan bayi

Bayi baru lahir membutuhkan mandi setidaknya dua kali dalam seminggu. Sebelum tali pusat copot, dianjurkan untuk memandikan bayi dengan menggunakan spons. Mandikan bayi dengan memakai sampo dan sabun yang dirancang khusus untuk kondisi kulit mereka. Benda-benda pendukung lain yang wajib dimiliki untuk memandikan bayi baru lahir adalah kain waslap, handuk lembut, dan bak mandi bayi. Jika Anda khawatir produk kebersihan yang digunakan bisa menimbulkan iritasi pada bayi Anda, konsultasikanlah dengan dokter.

Memberi susu

Karena kapasitas perut bayi baru lahir masih sangat kecil, bayi biasanya akan disusui antara 8 sampai 15 kali dalam sehari. Usahakan untuk menyusuinya bergantian antara payudara kiri dan kanan agar Anda turut merasa nyaman.

Bayi harus disusui sesering mungkin tanpa harus menunggu bayi Anda menangis terlebih dahulu, karena saat menangis dia akan lebih sulit menelan susu sebab lidahnya tidak berada dalam posisi yang tepat untuk meneguk cairan. Menyusui bayi mungkin akan terasa sulit dilakukan. Tapi seiring dengan waktu, bayi dan Anda akan makin menguasai proses ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *