Home Mom Beberapa Kiat Untuk Orangtua yang Membimbing Anak Sekolah Ketika Belajar di Rumah

Beberapa Kiat Untuk Orangtua yang Membimbing Anak Sekolah Ketika Belajar di Rumah

by Erin Nuzulia
Anak Sekolah

Anak sekolah diliburkan dalam masa penyebaran pandemi Covid-19 yang masih tanda tanya kapan berakhirnya. Dalam satu sisi, hal ini tentu membuat orang tua senang akan kehadiran buah hatinya sepanjang hari. Di sisi lain, diperlukan beberapa kegiatan yang dapat mampu melanjutkan pola belajar si anak. Meskipun ada himbauan belajar di rumah dari pemerintah, bukan artinya anak sekolah  dibiarkan saja belajar sendiri, melainkan juga terus dibimbing dan ditemani. Dalam hal pembelajaran, lingkungan sekolah sangat berbeda dengan lingkungan rumah. Ini akan menjadi tantangan bagi tiap orang tua di masa penyebaran wabah seperti ini.

Dalam menghadapi situasi tersebut, tulisan ini akan memberikan referensi mengenai, bagaimana baiknya orangtua dalam membimbing dan menemani anak-anaknya untuk belajar di rumah.

Anak Sekolah 1

Beberapa Kiat Untuk Orangtua yang Membimbing Anak Sekolah Ketika Belajar di Rumah

Tanyakan ada tugas apa hari ini

Rumah adalah tempat yang sangat nyaman. Untuk tidak menghilangkan kenyamanan itu, jangan pernah meminta/menyuruh anak untuk belajar. Ada baiknya tanyakan dengan lembut mengenai tugas yang diberikan oleh guru di sekolah selama masa belajar di rumah. Dengan demikian, anak mengingat tugasnya dan tuntun mereka untuk mengerjakan.

Beri tahu durasi waktu belajar

Ketika sudah diketahui tugas apa saja yang dimiliki anak, orangtua lebih baik memberitahu batas waktu belajar. Dengan tindakan tersebut, anak akan merasa termotivasi untuk menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Mereka akan terlatih memanfaatkan waktu bahkan ketika sedang di rumah. Selain itu, ini juga tidak akan membebani mereka dengan durasi waktu belajar yang kelamaan.

Biarkan anak belajar sendiri

Setelah memberi tenggat waktu kepada anak, biarkan mereka mengerjakan tugasnya secara mandiri. Pada satu sisi, ini akan memberi anak kesempatan untuk menggunakan kemampuannya sendiri. Selain itu, apabila ada keperluan yang harus dilakukan orangtua. Inilah waktu paling tepat untuk melakukannya. Hal ini akan membantu anak untuk mengerjakan tugas dengan saksama karena kebiasaan di sekolah ternyata tetap berlaku ketika di rumah.

Baca Juga:   Ayunan Bayi Manual VS Ayunan Bayi Otomatis. Pilih Mana?

Pantau terus dari jarak jauh

Meskipun anak dibiarkan melakukan pekerjaan sendirian, orangtua tidak boleh melepaskannya begitu saja. Hal ini tidak baik apabila mereka mendapat kesulitan dan tidak tahu harus mencari tahu ke mana. Kendati mereka sudah akrab dengan google, konten-konten di Internet kadang sulit untuk dimengerti. Untuk itu, pantau terus anak-anak yang sedang belajar untuk menjaga kondusivitas mereka dalam mengolah pengetahuan.

Kurangi penggunaan gadget

Batasi penggunaan gadget. Ini merupakan satu hal paling penting dalam membangun lingkungan belajar yang kondusif di rumah. Gadget kerap membuat anak fokus pada konten yang sedang dilihat atau game yang sedang dimainkan sehingga membuat mereka memiliki dunia yang itu-itu saja. Kendati begitu, ada baiknya orang tua juga mawas diri, batasi juga penggunaan gadget. Orangtua adalah model bagi anak dan wujud pembelajaran terbaik adalah teladan. Jika orangtua mampu menahan agar tidak melulu menggunakan gadget, dengan perlahan anak akan mengikuti.

Anak Sekolah

Wabah yang tengah menyebar ini memberi berbagai ruang bagi masyarakat untuk memutar kembali pikirannya untuk menjalani keseharian. Perlu siasat jitu untuk membangun situasi harmonis di rumah dengan berbagai isi kepala yang berbeda-beda antara satu sama lain. Sebagai orangtua, ada baiknya suasana tersebut dibangun mulai dari hal paling kecil seperti diri dengan perasaan menyenangkan yang dapat tersebar di penjuru rumah. Dengan demikian, himbauan tetap di rumah akan berlangsung dengan baik. Untuk mengetahui berbagai fakta mengenai anak sekolah lainnya, silakan klik di sini.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More