Perawatan Bayi

Beberapa Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir Ini Perlu dan Penting Sekali untuk Anda Ketahui

Memiliki anak memang merupakan suatu anugerah terbesar yang diberikan di setiap keluarga yang terikat oleh janji pernikahan, terutama ketika baru saja memiliki anak pertama, pastinya kebahagiaan yang dirasakan oleh orang tua baru akan jauh lebih besar. Meski membahagiakan, nyatanya merawat bayi yang baru lahir tidaklah mudah, Anda harus mengetahui berbagai hal mendasar mengenai mereka yang dimana jauh lebih rapuh dan juga lemah. Tidak semua orang tua baru mengetahui bagaimana cara yang benar untuk merawat mereka, oleh karena itu tidak jarang kita temui di berbagai keluarga di Indonesia yang menggunakan baby sitter untuk merawat si kecil. Memang tidak ada yang salah dengan hal tersebut, namun akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan jasa mereka untuk membuat hubungan Anda dan si kecil menjadi lebih dekat dan intim. Oleh karena itu, ketahuilah beberapa cara yang paling baik untuk merawat mereka serta mengetahui kebiasaan yang dimilikinya sebagai berikut:

Beberapa Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir Ini Perlu dan Penting Sekali untuk Anda Ketahui

  • Menyusu

Tidak seperti bayi yang sudah berusia berbulan-bulan, bayi yang baru lahir tentunya harus diberikan susu sesering mungkin dalam jumlah yang sedikit saja. Biasanya, mereka akan diberikan susu selama 1 hingga 2 jam pada hari pertama mereka dilahirkan. Jika mereka mulai merasa lapar, maka biasanya akan ditandai dengan tangisan yang sangat kuat, menghisap tangannya sendiri atau pun mengecap-ngecap. Pastikan untuk memberikan susu jika mereka menunjukkan tanda tersebut.

  • Tidur yang Cukup

Waktu yang digunakan bayi untuk tidur memang jauh lebih banyak dibandingkan orang dewasa pada umumnya. Bayi memang dapat tidur setiap 1 hingga 2 jam sekali. Rata-rata mereka memiliki waktu tidur dengan jumlah 16 hingga 18 jam setiap harinya hingga berusia 6 bulan. Dengan mengetahui banyak waktu yang dibutuhkan untuk tidur, maka merawat bayi pun akan terasa lebih mudah dan Anda pun akan merasa lebih memahami mereka. 

  • Butuh Kehangatan

Setiap bayi yang baru lahir pastinya masih belum terlalu bisa menyesuaikan suhu tubuh mereka dengan lingkungan yang baru. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda selalu membuatnya tetap merasa hangat. Hal tersebut dikarenakan sang bayi belum memiliki kandungan lemak yang banyak yang dimana berfungsi membuat tubuhnya tetap hangat. Pastikan untuk memberikan mereka selimut, pakaian hangat, topi dan juga membedong si kecil. 

  • Tali Pusat

Bayi yang baru lahir biasanya tali pusatnya belum terputus dan masih memilikinya. Merawat bayi tidak hanya dari hal yang mereka butuhkan saja, namun bagian luar si kecil juga harus dijaga. Anda harus menjaga tali pusat serta kulit mereka tetap kering dan juga bersih setiap hari. Jika tali tersebut memunculkan bau serta berwarna kemerahan, maka segeralah bawa si kecil ke dokter karena sudah terjadi infeksi pada bagian tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *