Tips dan Trik

Berapa Lama Baiknya Bayi Tidur Siang? Ini Ulasan Lengkapnya!

Menghabiskan waktu untuk tidur merupakan salah satu hal yang sangat wajar sekali bagi si kecil yang baru saja lahir. Jadi wajar saja jika setiap harinya aktivitas dilakukan hanya dengan tidur panjang mulai dari pagi, siang ataupun malam hari. Setiap anak pastinya mempunyai kebiasaan tidur yang berbeda, misalnya ada bayi tidur siang yang lebih lama lalu malamnya begadang dan ada pula yang sebaliknya. Tetapi dari para ahli mengajarkan ada beberapa panduan yang perlu dipelajari oleh ibu baru ketika melihat jam istirahat anak pada waktu siang ataupun malamnya.

Berapa Lama Baiknya Bayi Tidur Siang? Ini Ulasan Lengkapnya! 

Banyaknya pengetahuan saat merawat bayi itu sangat penting sekali, karena jika ilmu ataupun pengetahuan Anda kurang pasti akan berdampak buruk. Misalnya saja dari kesehatan si kecil yang ternyata bisa dilihat dari jam istirahat setiap harinya. Berikut ini ada beberapa panduan atau fakta istirahat si kecil setiap harinya sesuai usia yaitu:

  1. Bagi Anda yang mempunyai buah hati berusia baru 1 minggu pasti akan mempunyai jam tidur yang lebih panjang, apalagi jam siangnya. Umumnya mereka akan menghabiskan waktu lebih dari 8 jam untuk tidur siang dan juga 8 jam malam.
  2. Lalu usia yang beranjak naik tentunya membuat kebiasaan baru pula pada buah hati Anda, usia lebih dari 3 bulan itu akan mempunyai waktu istirahat siang sekitar 5 jam dan untuk tidur malam akan menghabiskan waktu lebih dari 10 jam.
  3. Usia anak yang menginjak angka 6 bulan keatas akan mempunyai pola tidur siang dan malam yang lebih normal. Umumnya pada usia tersebut bayi tidur siang bisa sekitar 4 jam dan untuk jam malam lebih panjang yaitu antara 10 jam.
  4. Dan terakhir adalah usia 9 bulan, kebutuhan bayi yang berusia ini untuk tidur siang yaitu 3 jam dan untuk tidur malam yaitu 11 jam.

Jika Anda melihat pola tidur anak pada usia masing-masing dapat disimpulkan jika semakin besar tentunya anak akan mempunyai jam istirahat yang lebih teratur seperti halnya orang dewasa. Tetapi apapun itu proses ataupun lamanya istirahat anak pastikan mempunyai tidur yang maksimal. Untuk tidur siang yang maksimal sendiri bisa Anda latih dengan melakukan istirahat sebelum jam makan utama dan setelah Anda melakukan permainan sebentar yang sederhana.

Tidak sedikit orang tua yang menganggap jam tidur anak itu tidak akan berimbas pada pertumbuhan mereka secara keseluruhan. Memang pendapat tersebut tidak salah, tetapi sadar atau tidak hal itu mempunyai pengaruh yang terlihat jelas. Apalagi untuk bayi tidur siang yang kurang maksimal akan mempunyai aktivitas yang berantakan. Parahnya hal itu akan berlanjut menjadi kebiasaan anak ketika sudah remaja dan sulit mengatur jam istirahat dengan baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *