Tips dan Trik

Berbagai Fakta Tindik untuk Anting Bayi yang Harus Anda Tahu

Masih bayi, kok telinganya sudah ditindik? Apa tidak kasian? tindik telinga sebenarnya sudah alma diterapkan di negara kita, bajkan sampai saat ini pun masih dilakukan. Tindik telinga di bayi perempuan biasanya dilakukan beberapa hari sesudah ia dilahirkan, sudah pasti atas permintaan orang tua. Menindik bayi bisa karena budaya atau ingin mempercantik buah hati. Setelah tindik telinga nantinya akan dipasang anting bayi.

Sebenarnya selain estetika, tindik telinga ini juga mempunyai manfaat dari kacamata medis. Telinga di tindik adalah perawatan yang lebih seksama. Orang tua sudah pasti berusaha memberikan perhatian dan memastikan telinga milik buah hati tidak terkena infeksi. Bukan hanya itu, selain muda dari usia anak akan sedikit juga kemungkinan kemunculan jaringan parut di telinga. Terdapat sebuah artikel, keloid atau bekas luka yang tebal sering muncul di telinga anak saat tindik telinga di usia lebih dari 11 tahun. Keloid ini bisa sulit untuk diobati, bahkan seringnya memerlukan suntikan serta operasi sederhana agar bisa membuangnya.

Ketika Anda ingin tindik telinga anak dan memasang anting bayi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti usia bayi. sebenarnya, rekomendasi tindik telinga ini dianjurkan ketika anak telah cukup tua serta mengurus tindikan sendiri. Tetapi, terdapat dokter anak yang memberikan saran bila tindik telinga ini dapat dilaksanakan ketika anak berumur 2 bulan. Walaupun jarang, namun infeksi dapat terjadi jika bayi berusia kurang dari 2 bulan. Apalagi infeksi kulit serta demam. Sebenarnya, berapa pun usia dari buah hati, tindik telinga pasti memiliki resiko. Resiko ini bisa diminimalisir bila tindik telinga dilakukan dengan benar dan hati-hati.

 Baca juga beberapa aksesoris untuk bayi perempuan. Lihat selengkapnya di alatbayi.net

Kedua, orang yang melakukan tindik telinga ini. tindik telinga bayi sangat dianjurkan dilakukan dokter. Hindari menindik telinga anak di pusat perbelanjaan atau di toko perhiasan. Tempat seperti ini mungkin mempergunakan jarum yang tidak disterilkan. Orang yang melakukan penindikan pun bisa saja tidak berpengalaman atau mengikuti pelatihan. Selain untuk jarum tindik, dianjurkan menggunakan jarum yang dibuat dari emas, stainless steel atau platinum untuk meminimalkan resiko alergi dan ruam.

Terakhir, anting bayi setelah ditindik. Bila tindik telinga ini telah dilakukan dan Anda ingin memasangkan anting pada si buah hati, sangat disarankan memilih anting yang memiliki bentuk sangat kecil, bulat serta bagian depan yang datar. Penutup anting juga harus bisa menutupi semua bagian belakang dari anting. Pastikan memilih anting yang dibuat dari baja yang sering digunakan untuk alat bedah atau 14 karat agar tidak menimbulkan alergi. Tidak dianjurkan memberikan anting yang menjuntai pada anak, bisa jadi anak akan menarik anting hingga terlepas sehingga melukai dirinya sendiri.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *