Perawatan Bayi

Berbagai Kelebihan yang Akan Dimiliki Bayi dengan ASI Ibu Hingga 2 Tahun

Berbagai Kelebihan yang Akan Dimiliki Bayi dengan ASI Ibu Hingga 2 Tahun  

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan terbaik untuk bayi adalah ASI ibuPada air susu ibu, terkandung banyak zat mineral, vitamin, karbohidrat penting untuk tumbuh kembang sang bayi baik secara fisik maupun organ di dalamnya. Pada keluaran pertamanya, Asi akan mengandung zat colostrums dengan bentuk cairan kental kuning keputihan dimana di dalamnya terkandung berbagai zat baik untuk kekebalan tubuh bayi. Cairan inilah yang akan mengawali kebaikan dari ASI untuk putra-putri Anda hingga kelak ia dewasa.

 

Pemerintah melalui berbagai program kesehatan ibu dan anak telah menggalakkan pemberian ASI eksklusif untuk bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun. Hal ini dilakukan karena dengan pemberian ASI eksklusif, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang sehat karena memiliki kekebalan tubuh yang baik. Secara detailnya, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang nantinya bisa dimiliki oleh anak dengan asupan ASI hingga ia menginjak usia 2 tahun.

 

Memiliki kekebalan tubuh baik.

Kandungan pada colostrum dan cairan ASI reguler memiliki nutrisi yang tepat dan seimbang untuk membentuk sistem anti bodi optimal. Dengan begitu anak tak mudah terserang penyakit menular atau infeksi seperti flu dan penyakit lainnya.

Baca Juga : Dampak Buruk Dot Bayi yang Wajib Ibu-ibu Ketahui

Memiliki kesehatan mata yang baik.

Pertumbuhan mata optimal juga menjadi salah satu kelebihan dari pemberian Asi ibu eksklusif. Diharapkan kebutuhan nutrisi untuk perkembangan organ mata dipenuhi dengan ASI sehingga anak tidak akan mendapatkan gangguan kelainan mata dikemudian hari.

 

Memiliki pertumbuhan rambut yang baik.

Rambut juga menjadi bagian tubuh yang akan terstimulasi dengan baik apabila bayi mendapatkan ASI eksklusif. Rambut bayi tak akan tumbuh dengan warna merah atau coklat seperti pada anak dengan kekurangan zat gizi.

 

Memiliki kedekatan dengan ibu.

Dampak psikologis yang bisa dipengaruhi oleh pemberian ASI adalah kedekatan anak dengan sang ibu. Selama 2 tahun mengkonsumsi ASI yang diberikan langsung atau tidak langsung dari ibu akan membawa anak lebih dekat secara bathin pada orang tuanya.

 

Disebut asi eksklusif 2 tahun bukan berarti Anda hanya memberikan ASI Saja hingga 2 tahun. Cara pemberian ASI eksklusif yang benar adalah sebagai berikut:

 

  • Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan hanya diberikan ASI saja.
  • Bayi usia lebih dari 6 bulan diberikan ASI dan makanan pendamping asi lainnya.
  • Balita lebih 2 tahun, pemberian ASI dihentikan dan diganti dengan susu sesuai usianya.

 

Jika kesehatan anak bisa didapatkan dengan cara yang lebih awal, mudah dan ekonomis, kenapa harus menunggu hingga anak besar dengan pemberian vitamin kimiawi yang lebih mahal? Terapkan pemberian asi ibu secara eksklusif sejak bayi baru lahir hingga berusia 2 tahun untuk memberikan ketahanan tubuh yang optimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *