Tips dan Trik

Berbagai Makanan yang Mendukung Bayi Gemuk dan Sehat

Mempunyai bayi gemuk dan sehat, sudah pasti menyenangkan. Namun, agar bisa mendukung hal tersebut, terdapat beberapa jenis makanan yang bisa membantu mewujudkannya. Perut bayi berukuran kecil, sehingga porsi yang mereka konsumsi tidak banyak. Oleh sebab itu para orang tua harus memastikan makanan tersebut kaya kandungan nutrisi sehingga bisa mendukung pertumbuhannya. Biasanya, bayi diberi makanan pendamping ASI di usia 6 bulan ke atas.

Berbagai Makanan yang Mendukung Bayi Gemuk dan Sehat

Ada beberapa prinsip yang digunakan untuk menyajikan makanan buah hati seperti makanan berwarna-warni, makanan memiliki berbagai rasa dan tekstur dan makanan masih segar. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang bisa disajikan agar bayi gemuk dan sehat.

  • Daging

Daging ayam atau daging sapi menjadi sumber zinc, zat besi dan protein. Ketika Anda memberikan daging pada bayi, pastikan menghaluskannya terlebih dahulu. Untuk penyajian, daging dapat dicampur dengan sayuran yang sudah dihaluskan. Bayi disarankan mendapatkan asupan protein dari daging secara teratur agar mendukung pertumbuhannya dengan pesat.

  • Telur

Telur memiliki kandungan seperti protein, zinc serta berbagai jenis vitamin yang penting sebagai pertumbuhan bayi. Walaupun demikian, bayi yang memiliki potensi alergi, dianjurkan bertanya terlebih dulu pada dokter sebelum memberikan asupan makanan tersebut.

  • Wortel

Tak hanya mempunyai rasa yang manis serta warna yang menarik saat diberikan pada bayi. Sayuran ini mempunyai kandungan beta karoten yang men dukung perkembangan dan penglihatannya. Wortel bisa disajikan dengan cara dikukus hingga matang, kemudian dihaluskan. Agar bayi bisa kenyang, Anda bisa mengkombinasikan wortel dengan bubur bayi dan daging.

  • Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya dengan kandungan vitamin C, jeruk juga mendukung pertumbuhan tulang, membentuk otot serta jaringan tubuh yang lain. Vitamin ini juga bisa membantu penyerapan zat besi dari makanan lain serta menjaga kadar cairan tubuh menjadi tetap seimbang. Karena diperuntukkan untuk si kecil, lebih baik pilih jeruk dengan rasa yang manis.

  • Alpukat

Buah alpukat kaya kandungan lemak tak jenuh yang dapat menunjang perkembangan otak. Kandungan lemak di dalam buah ini hampir sama dengan ASI. Tak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk bayi sehingga bayi akan gemuk dan sehat. Namun, jangan memberikan alpukat terlalu banyak karena buah ini cepat mengenyangkan.

  • Pisang

Pisang adalah pilihan buah untuk mendukung bayi gemuk yang mudah disajikan. Selain itu pisang memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang baik bagi tubuh. Untuk buah hati, pilih pisang yang benar-benar matang. Disarankan, pisang dihaluskan sebelum disajikan, bila anak sudah bisa mengunyah, potong-potong kecil pisang sehingga mudah dikonsumsi.

Baca juga tips dan trik nya untuk perawatan bayi anda agar tetap sehat. Simak selengkapnya di boxbayi.net

Tak hanya memperhatikan nutrisinya agar bayi sehat dan gemuk. Sebagai orang tua, sangat penting untuk memperhatikan tumbuh kembang bayi sesuai dengan usianya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *