Perawatan Bayi

Berbagai Mitos Merawat Bayi yang Banyak Berkembang di Masyarakat

Biasanya, ada banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat secara turun temurun dari zaman nenek moyang mengenai cara merawat bayi. Padahal belum tentu itu semua merupakan semua kebiasaan yang baik untuk dilakukan kepada bayi. Lalu seperti apa sebenarnya acara melakukan perawatan bayi yang benar dan mana yang sebaiknya tidak lagi untuk dipercayai? Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Berbagai Mitos Merawat Bayi yang Banyak Berkembang di Masyarakat
Berbagai Mitos Merawat Bayi yang Banyak Berkembang di Masyarakat

Bayi wajib pakai gurita

Kebanyakan orang tua biasa memakaikan gurita pada bayi agar perut bayi tidak mudah kembung. Padahal sejatinya, dengan memakaikan gurita, bayi Anda bisa jadi sulit untuk bernapas dan hal itu akan menjadi penghambat untuk pertumbuhan organ dalam tubuhnya. Sebab, dinding perut bayi itu biasanya masih sangat lemah dan volume organ tubuhnya itu masih belum menyesuaikan luas rongga dada dan perut. Hal itu disebabkan karena sampai pada usia lima bulan, organ bayi terus mengalami pertumbuhan, namun tempat untuk tumbuhnya masih terbatas. Sehingga pemakaian gurita untuk merawat bayi Anda mungkin lebih baik tidak digunakan lagi.

Tidak memotong  kuku bayi dalam 40 hari pertama

Menurut orang terdahulu, tidak boleh memotong kuku bayi sebelum lewat 40 hari. Hal tersebut muncul karena ibu khawatir akan melukai kulit jari tangan si kecil ketika memotong kukunya. Padahal, ketika kuku bayi itu tidak dipotong selama 40 hari, kukunya akan menjadi panjang dan bisa jadi hal tersebut akan melukai wajah hingga kornea matanya. Sebaiknya, cara merawat bayi yang benar yaitu tetap memotong kukunya tetapi memotongnya menggunakan peralatan khusus.

Kaki bayi harus di bedong

Anda pasti sering dengar membedong bayi merupakan cara untuk bisa meluruskan kakinya yang pengkor. Namun nyatanya fakta yang ada malah membedong bayi itu ternyata dapat menjadi penghambat perkembangan sensor motoriknya karena tangan dan kakinya tak memiliki kesempatan untuk bergerak secara leluasa. Biasanya, kaki bayi yang baru lahir itu memang akan bengkok secara alami, sebab selama 9 bulan bayi berada dalam posisi meringkuk. Namun tanpa perlu di bedong, kaki bayi biasanya akan lurus dan kuat dengan sendirinya. Membedong bayi sebaiknya dilakukan saat bayi dimandikan pada cuaca yang dingin. Tujuannya agar membuat bayi tidak merasa kedingingan. Pemakaiannya pun usahakan longgar dan bukan dibungkus dengan sangat ketat dan kencang.

Ibu dan bayi yang baru lahir tidak boleh keluar rumah selama 40 hari

Anggapan lainnya yaitu ibu dan bayi biasanya tidak diperbolehkan untuk keluar sebelum 40 hari. Namun sejatinya hal ini tetap boleh dilakukan asalkan ibu dan bayi berada dalam kondisi fit. Namun sebaiknya memang tidak diperkenankan membawa bayi ke tempat-tempat yang ramah, karena tempat yang ramai itu banyak kuman dan mengingat kekebalan bayi belum baik karena usianya yang masih di bawah 40 hari masih sangat rentan terhadap penyakit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *