Tips dan Trik

Berbagai Pilihan Makanan yang Dapat Melancarkan Produksi ASI

Mampu memberikan ASI secara eksklusif adalah hal yang sangat diimpikan bagi setiap ibu. Namun sayangnya tidak jarang ada ibu yang kesulitan memenuhi kebutuhan si kecil karena produksi air susu yang tidak lancar. Pada dasarnya banyak cara yang dapa dilakukan untuk membuat produksi air susu semakin banyak. Anda bisa mengonsumsi berbagai suplemen atau vitamin yang dapat membantu melancarkan air susu.

Berbagai Pilihan Makanan yang Dapat Melancarkan Produksi ASI

Anda mungkin sudah sering mendengar jika daun katuk dapat membantu melancarkan ASI lebih banyak, namun ternyata ada beragam aneka bahan alami lain yang juga dapat membantu memperbanyak produksi air susu Anda. Berikut beberapa bahan alami yang dapat memperbanyak air susu ibu:

Bawang Putih

Bahan masakan yang populer ini ternyata dapat melancarkan produksi air susu. Pasalnya selain dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, ternyata bawang putih dapat mempengaruhi rasa ASI. Namun perlu dicatat karena bukan berarti Anda harus mengonsumsi bawang putih sebanyak mungkin. Sebab jika Anda mengonsumsi bawang putih dengan jumlah yang banyak maka juga akan berakibat buruk pada bayi yaitu dapat meningkatkan risiko kolik.

Oatmeal

Oatmeal juga dipercaya mampu memperbanyak produksi ASI karena makanan ini mengandung beragam nutrisi, diantaranya ada vitamin B, kalsium, serta, dan zat besi. Anda bisa mengolahnya seperti biasa menjadi semacam bubur dengan ditambah madu, buah-buahan, susu, dan kacang sebagai vitamin tambahan. Apabila Anda bosan mengolahnya menjadi bubur, Anda dapat membuat aneka camilan lain berbahan oatmeal seperti kue kering atau pancake.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memang mengandung banyak nutrisi yang mampu memperbanyak produksi ASI. Memiliki kandungan nutrisi lengkap seperti vitamin A, riboflavin, kalsium, zat besi, dan folat yang dipercaya bisa melancarkan air susu ibu. Untuk memenuhi nutrisi pada ibu ketika menyusui Anda dapat mengonsumsi dua porsi sayuran hijau setiap harinya.

Biji Klabet

Selain sayuran hijau, biji klabet juga dipercaya dapat melancarkan air susu ibu. Tanaman ini banyak mengandung berbagai sera protein, serta mineral yang baik untuk ibu menyusui. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa mengonsumsi teh dari biji klabet selama 14 hari akan meningkatkan produksi ASI lebih banyak. Namun tetaplah harus diperhatikan jangan mengonsumsi biji klabet terlalu banyak karena bisa menyebabkan nyeri dan perut kembung. Apabila Anda ingin mengonsumsi biji klabet dalam bentuk suplemen sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter karena biji klabet dapat bereaksi dengan jenis obat tertentu.

Adas

Sebuah penelitian menunjukan adanya kandungan senyawa yang dapat memperlancar menstruasi dan ASI pada wanita. Nutrisi pada tanaman ini sangatlah banyak, seperti vitamin A, B6, C serta berbagai mineral lainnya. Kandungan nitrat yang terdapat di tanaman adas juga dipercaya dapat mempengaruhi hormon esterogen dalam tubuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *