Perlengkapan Bayi

Berikut Adalah 4 Jenis Permainan Bayi yang Bisa Menjadi Stimulan Bagi Buah Hati

Mengajak si kecil menikmati permainan bayi tentu menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan bagi orang dewasa, khususnya orangtua bayi. Permainan khusus bayi ini akan sangat bermanfaat untuk mendekatkan diri antara orangtua dengan si kecil. Orangtua pun nantinya bisa mengamati tumbuh kembang si kecil sehingga senantiasa memberikan kejutan menarik bagi setiap orangtua. Sebab tanpa sadar perkembangan si kecil akan terus meningkat apalagi jika diberi stimulan dengan menikmati beragam permainan seru. Maka, mulailah mencari tahu jenis permainan terbaik untuk dinikmati bersama bayi Anda.

Cara Terbaik Mengajak Bayi Bermain

Permainan tertentu yang diberikan kepada bayi bisa menjadi proses stimulasi yang merangsang tumbuh kembang si kecil. Maka manfaatkan waktu luang diantara kesibukan Anda untuk mengajak bayi bermain, dan berikut beberapa cara terbaik yang bisa dilakukan:

  • Ajak si kecil bermain silukba,

Permainan silukba tentu menjadi pilihan yang menarik sekaligus sering dipilih oleh para orangtua untuk memberikan stimulasi pada bayinya. Permainan ini akan membantu meningkatkan kemampuan melihat si kecil yang ketika lahir memang cenderung lebih terbatas. Biasanya bayi akan cepat tanggap terlebih jika sudah cukup besar dan kemampuan melihatnya sudah bagus.

  • Ajak bayi Anda untuk menari,

Menikmati permainan bayi berdansa atau menari juga menjadi pilihan yang menarik sekaligus mudah untuk dilakukan. Anda bisa mulai memperkenalkan permainan ini sejak bayi berusia 3 bulanan, namun mengajak si kecil menari di dalam gendongan Anda. Putarlah CD atau DVD berisi lagu anak-anak atau lagu tertentu yang menarik untuk digunakan sebagai backsound menari. Permainan ini memberi stimulasi untuk sistem pendengaran si kecil sehingga baik dilakukan rutin, paling tidak sekali dalam seminggu.

  • Memperkenalkan bola pada bayi,

Bola juga menjadi jenis permainan yang seru diperkenalkan ke bayi Anda sejak dini dan tentunya wajib untuk dicoba. Dijamin si kecil akan senang memainkan permainan ini, caranya topang berat badan anak dengan kedua tangan Anda. kemudian biarkan kaki si kecil menyentuh bola dan bergelinding lalu ikuti terus sampai anak menikmati permainan ini. Ketika kaki si kecil bergerak berusaha menjaga keseimbangan maka akan melatih otot kakinya, sehingga bisa menjadi stimulasi untuk belajar berjalan.

  • Petak umpet dengan mainan si kecil,

Menyembunyikan mainan kesayangan bayi Anda juga menjadi jenis permainan yang baiknya dilakukan bersama-sama. Menyembunyikan mainan si kecil bisa dengan cara dimasukkan ke dalam kotak yang diletakan di depan bayi. permainan ini tentu lebih cocok dilakukan saat si kecil sudah menginjak usia 8 bulan ke atas. Ketika melihat mainan kesukaannya hilang ditelan kotak tersebut maka mereka akan penasaran dan mencoba mencarinya. Sehingga permainan bayi ini mengasah keterampilan otak mencari barang dan membuat mereka bergerak menuju kotak berada.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *