Tips dan Trik

Biasakan Bayi Belajar Renang Sejak Usia Dini dengan Tips dan Trik Berikut

Membiasakan bayi belajar renang tentu akan memberikan beberapa manfaat. Pada dasarnya, bayi sudah bisa belajar renang meskipun ia belum merangkak atau berjalan. Hal ini merupakan sifat alamiah atau bawaan bayi yang mengapung dalam cairan ketuban saat masih berada dalam kandungan.

Biasakan Bayi Belajar Renang Sejak Usia Dini dengan Tips dan Trik Berikut

Manfaat Berenang

Mengajarkan bayi berenang sejak masih dini bisa memberikan manfaat yang cukup baik. Dari mulai bisa menikmati waktu bersama dan meningkatkan kedekatan antara orang tua dan bayinya.hingga untuk membekali bayi dengan kemampuan yang nantinya bisa berguna untuk dirinya atau bahkan untuk orang lain, seperti menyelamatkan orang yang tenggelam.

Hal yang Harus Diperhatikan

Anda harus perhatikan beberapa hal ketika Anda membawa bayi belajar berenang. Tentunya, yang lebih dulu Anda harus pastikan bagaimana keamanan kolam renang yang digunakan, kandungan air apakah berbahaya atau tidak untuk bayi, dan pahami juga bagaimana cara berenang yang tepat dan aman bagi bayi.

Trik Dasar Mengajari Bayi Berenang sesuai Usia

Bayi usia 6 -18 bulan

Memuat bayi belajar renang bisa dilakukan sedini mungkin, namun waktu yang disarankan adalah saat bayi sudah menginjak usia enam bulan. Sebab jika dilakukan sebelum itu, tubuh bayi masih sensitif dan rentan terhadap bakteri,virus bahkan kolam renang.

Namun pada usia enam bulan, Anda bisa mencoba untuk mengajari bayi Anda dengan memercikkan air kolam renang ke tubuh Si Kecil agar ia bisa beradaptasi. Biarkan bayi merasa nyaman dan mulai bereksplorasi dalam air. Setelah mulai beradaptasi, ajari Si Kecil untuk melakukan gerakan menendang atau menarik kaki sebagai gerakan dasar. Anda juga bisa mulai mengapungkannya di air dengan posisi telentang, lakukan berulang dengan arah yang berbeda.

Bayi usia 18 bulan-3 tahun

Saat bayi sudah menginjak usia ini, Anda bisa mulai mengajarkannya untuk menendang dan melakukan gerakan-gerakan dasar berenang pada lengan. Jika sudah memasuki usia hampir tiga tahun, ajari Si Kecil untuk menahan napas, membiarkan dia masuk dan keluar kolam renang khusu dengan sendirinya, dan mengajaknya melakukan permaninan lain di air yag mengasyikkan dan variatif.

Bayi usia 3-5 tahun

Jika bayi Anda sudah memasuki usia batita hingga balita, latihan renang bisa dilakukan dengan aktivitas yang lebih bervariasi. Anda bisa mengajari anak Anda dengan mengerakkan kaki dan tangan agar mendorong tubuhnya bergerak maju di dalam air. Selain itu, ajari juga bagaimana cara mengambang di air baik di atas punggung ataupun perut.

Anda pun sudah mulai bisa memberi pengertian pada SI Kecil untk berhati-hati saat di kolam renang, biasakan untuk tidak berjalan di tepi kolam renang tanpa pengawasan orang bahaya karena hal itu bisa membahayakan. Selain itu, pada usia ini, Anda bisa mulai mengajarinya lebih giat, baik oleh Anda sendiri maupun mendaftarkannya ke kelas berenang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *