Perawatan Bayi

Bingung Memilih Cara Mengatasi Ruam Popok yang Tepat? Ada Cara Alaminya!

Si kecil yang masih berada di usia bayi biasanya rentan mengalami ruam popok sehingga menjadikannya lebih rewel dari biasanya. Ruam popok bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi material popok yang digunakan. Bisa pula karena popok kurang bersih, atau Kita kurang kering membersihkan saat si kecil ngompol atau buang air besar. Apabila masalah satu ini terjadi ada beberapa cara untuk mengatasi ruam popok tersebut dengan metode alami.

Solusi Atasi Ruam Popok Secara Alami

Kulit bayi memang cenderung sangat sensitif, sehingga orangtua perlu teliti dan hati-hati dalam menjaga kesehatan kulitnya. Bagian tertentu rentan mengalami iritasi, terutama di area popok seperti selangkangan, daerah vital, sampai ke bokong dan juga paha. Ruam popok sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja sebab kondisinya bisa semakin parah apabila tidak ditangani dengan segera. Prosedur penanganannya pun tidak asal, ada kiat tertentu supaya ruam popok mereda. Berikut beberapa cara alami yang bisa ditempuh:

  • Memastikan area popok bersih maksimal,

Penyebab utama terjadinya ruam popok ialah kondisi popok dan bagian tubuh si kecil di sekitarnya yang terkontaminasi bakteri. Bakteri ini bisa bersumber dari mana saja dan utamanya dari bekas ompol dan pop si kecil itu sendiri yang masih tersisa. Mencegah dan mengatasi terjadinya ruam popok bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan area popok tersebut. Pastikan tidak ada noda yang tertinggal, baik bentuk, warna, sampai bau sehingga bebas bakteri ruam popok.

  • Seringlah memilih dan memakaikan popok kain,

Orangtua zaman sekarang lebih praktis memilihkan popok diapers yang sekali pakai sehingga tidak perlu sering mengganti popok si kecil. Meski praktis namun dari segi kesehatan kulit si kecil justru kurang aman sehingga gunakan jika memang diperlukan. Semisal saat pergi jarak jauh sehingga tidak sering ngompol di jalan, cara ini juga menjadi bagian dari mengatasi ruam popok itu sendiri. Pilih popok dari kain yang sifatnya lebih lembut dan nyaman di kulit si kecil.

Baca Juga: Mengatasi Ruam Popok dengan Cara Alami

  • Usahakan mengganti merk popok yang sebelumnya dipakai,

Apabila sudah mengupayakan untuk menjaga kebersihan dan mengganti popok sesering mungkin, namun ruam masih ada. Atau bahkan menjadi lebih parah, ada baiknya mengganti merk popok yang biasanya digunakan. Sebab ada kemungkinan popok lama tersebut terbuat dari material yang membuat kulit bayi teriritasi sehingga menjadi allergen. Akan lebih aman supaya diganti dengan merk lain kemudian memastikan terbuat dari material yang lembut dan juga nyaman.

  • Segera oleskan salep untuk meredakan ruam popok,

Sebagai orangtua tentu menyediakan beberapa produk perawatan kulit untuk bayi di rumah, salah satunya adalah salep. Salep ini bisa digunakan untuk meredakan ruam popok, dan bisa dioleskan pada bagian yang memerah dan teriritasi. Namun, sebelum dioleskan ada baiknya membersihkan bagian kulit yang terkena ruam dan mengeringkannya. Salep akan meredakan iritasi dan mencegah gesekan dengan popok barunya sehingga kondisinya bisa membaik.

  • Bisa juga menggunakan plain yogurt,

Apabila merasa kurang nyaman mengatasi ruam popok dengan baby cream dari produk dalam kemasan siap pakai. Misal karena takut mengandung bahan kimia berbahaya, bisa menggantinya dengan plain yogurt atau yogurt murni tanpa rasa. Yogurt merupakan olahan susu yang mengandung bakteri baik dan bersifat sebagai antibakteri jahat. Mengoleskannya pada bagian yang mengalami ruam popok bisa meredakan bahkan menyembuhkannya secara alami.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *