Perawatan Bayi

Cara​ ​Menambah​ ​Nafsu​ ​Makan​ ​Anak​ ​Secara​ ​Alami

Meningkatkan nafsu makan anak memang tidak mudah. Kebanyakan anak memiliki seribu alasan untuk menolak saat disuruh makan. Ini bisa berdampak buruk pada anak, dan Anda sebagai orang tua tentu tidak menginginkan hal ini terjadi.

Kebanyakan orang tua mungkin akan memaksa anaknya untuk makan. Padahal, ini justru tidak efektif dalam meningkatkan nafsu makan anak dan bisa membuat Si Kecil tidak nyaman. Alih-alih, Anda harus mencari cara jitu agar dia tidak merasa terpaksa dan asupan gizinya pun bisa terpenuhi.

Pernahkah Anda melihat anak Anda lebih lahap saat makan bersama teman-temannya ketimbang makan sendiri? Dari sini, Anda seharusnya bisa menyadari apa saja yang membuat nafsu makan anak Anda meningkat dan apa saja yang membuatnya malas makan.

Berikut ini beberapa metode yang bisa Anda coba untuk menambah nafsu makan anak secara alami.

Hindari minum sebelum makan

Cara menambah nafsu makan anak yang pertama adalah dengan menghindari kebiasaan minum sebelum makan. Sebelum buah hati Anda makan, Anda sebaiknya mengimbau dia agar tidak minum terlebih dahulu, baik itu air putih, sirup, susu, dan sebagainya. Air yang dikonsumsi oleh si anak sebelum makan bisa memenuhi perut dan perut pun akan terasa kenyang. Bila sudah demikian, tentu yang terjadi selanjutnya adalah nafsu makan si anak akan berkurang.

Baca Juga : Makanan Ibu Hamil Yang Sehat Dan Seimbang

Mengonsumsi jeruk

Seperti yang kita ketahui, buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C dosis tinggi. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melancarkan metabolisme di dalam tubuh, dan, ternyata, untuk meningkatkan nafsu makan juga. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda secara rutin memberi buah hati Anda buah jeruk agar dia selalu mendapat asupan vitamin C yang cukup.

Ajak berolahraga

Bila anak Anda jarang bermain dan beraktivitas di luar layaknya kebanyakan anak sebayanya, cobalah untuk mengajaknya ke luar rumah untuk berolahraga. Atau setidaknya, ajak dia bermain agar tubuhnya aktif bergerak. Saat tubuhnya bergerak untuk bermain atau berolahraga, detak jantung anak akan meningkat. Ini akan lebih mengoptimalkan pembakaran kalori dalam tubuh, dan pada akhirnya akan menambah nafsu makan anak.

Mengonsumsi vitamin B dan zinc

Selain mengonsumsi vitamin C dari buah jeruk, jambu batu, tomat, dan sebagainya, cara menambah nafsu makan anak juga bisa dilakukan dengan menambah asupan vitamin B dan zinc. Orang yang mengonsumsi Vitamin B secara teratur akan memiliki nafsu makan yang baik dan dapat mengontrol suasana hati orang yang sedang malas makan. Zinc pun kurang lebih memiliki fungsi yang sama dengan vitamin B. Oleh karena itu, bila seseorang kekurangan asupan zinc, nafsu makannya biasanya akan berkurang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *