Tips dan Trik

Cara Efektif untuk Mengatasi Bayi Susah BAB

Bayi membutuhkan perhatian penuh dari orangtuanya. Hal tersebut karena bayi tidak mengerti melakukan berbagai hal dan masih membutuhkan perawatan orangtua sepenuhnya. Sehingga orangtua juga harus belajar untuk merawat bayi dengan benar. Baik untuk merawat seperti memandikan dan mengganti popok hingga masalah bayi lainnya seperti susah BAB. Kondisi bayi susah BAB bukanlah tanda yang baik sehingga harus untuk ditangani dengan segera apabila hal tersebut tidak ingin sampai menjadi parah. Adapun beberapa cara yang efektif untuk diterapkan orangtua agar dapat mengatasi bayi yang susah BAB adalah:

  • Memberikan makanan dengan serat yang tinggi

Salah satu hal untuk mengatasi masalah diatas adalah dengan memberikan makanan yang berserat kepada bayi. Terutama untuk bayi yang sudah di usia 4 bulan keatas sebaiknya diberikan nutrisi penunjang selain susu yang biasanya diberikan kepada bayi. Pilihlah makanan yang mempunyai serat yang tinggi sehingga akan menunjang pencernaannya dan bisa untuk buang air besar dengan lancar. Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah gandum, serta sayur dan buah yang terkenal mempunyai serat yang tinggi dan bagus untuk pencernaan.

  • Meningkatkan nafsu makan bayi

Selain memberikan serat pada makanan bayi, menambah nafsu makan adalah alasan lain untuk menghindari BAB tersebut. Kekurangan nutrisi dan juga jarang makan juga menjadi alasan mengapa BAB anak tidak lancar. Oleh karena itu orangtua juga harus memperhatikan anak terutama ketika mereka susah untuk makan. Adapun beberapa alasan mengapa mereka susah dan malas makan sehingga bayi susah BAB adalah:

Baca Juga: Tips Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

  • Anak yang sudah bosan dengan tekstur dan juga rasa makanan yang diberikan.
  • Anak yang mulai aktif dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar sehingga penasaran dengan hal baru disekitarnya.
  • Sedang ingin mencari perhatian orangtua.
  • Senang dengan rasa cemilan tertentu sehingga malas makan.
  • Sedang tumbuh gigi sehingga tidak selera makan.
  • Mempunyai kondisi tubuh yang sedang tidak sehat.
  • Pilih cairan tubuh yang tepat

Saat bayi sedang susah untuk BAB ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama adalah karena kurang cairan sehingga menimbulkan pencernaannya yang tidak lancar. Selain itu karena ketika sedang susah BAB tetap mengkonsumsi susu sapi dan juga berbagai produk dari bahan sapi sehingga dapat untuk meningkatkan konstipasi yang dialaminya.

  • Jangan gunakan obat pencahar berlebihan

Ketika bayi susah BAB, sebaiknya orangtua menghindari penggunaan obat pencahar, suplemen serat, dan juga cara lainnya agar ia mudah untuk buang air besar. Sebaiknya untuk menggunakan cara yang alami seperti diatas yaitu menambah serat sehingga akan menyebabkan pencernaannya lancar. Apabila terpaksa menggunakan obat pencahar dan sebagainya sebaiknya pilih yang aman untuk anak dan konsultasikan dahulu kepada dokter yang ahli.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *