Tips dan Trik

Cara Ini Akan Membuat Bayi Bicara Lebih Mudah dan Cepat

Cara terbaik untuk membantu si kecil agar dapat bicara dengan mudah yaitu dengan mengajaknya berinteraksi dengan buah hati Anda. Meskipun pada dasarnya setiap bayi berbeda, tetapi selama tahun pertama, Anda mungkin tidak akan mendengar suara konsonan yang dapat diidentifikasi 9 bulan hingga 12 bulan. Bayi akan secara terus belajar dari apa yang dikatakan orang-orang yang ada disekitarnya. Mengajak bayi bicara secara terus menerus akan menjadikan bayi Anda menjadi lebih mudah dan lebih lancar dalam berbicara.

Cara Ini Akan Membuat Bayi Bicara Lebih Mudah dan Cepat

Kemampuan belajar bahasa anak-anak sangat berkurang setelah usia 10 tahun, jadi tidak pernah terlalu dini untuk mulai mempelajari yang baru. Anak-anak yang terpapar dengan banyak bahasa sejak awal sering berbicara dengan lancar di kemudian hari nanti. Bahasa tidak harus menjadi hal utama yang harus Anda lakukan setiap hari, namun Anda pun juga harus melihat kemampuan buah hati Anda juga. Karena terlalu memaksakan bayi juga tidak akan baik.

Berikut adalah beberapa tips lain untuk membantu agar bayi bicara lebih mudah, cepat serta menjadi genius verbal dalam waktu singkat, yaitu:

  • Bicaralah pada bayi Anda.

Dengan mendengarkan dan menanggapi apa pun yang dikatakan bayi Anda, maka hal ini akan menjadikan buah hati Anda menjadi lebih bersemangat dalam belajar untuk berbicara. Anda pun juga dapat mengajak bayi berkomunikasi, membimbingnya untuk membuat suara yang lebih kompleks lebih cepat.

  • Tarik kata-kata besar.

Dimulai dengan kata-kata yang lebih rumit dapat membantu bayi mengambilnya lebih cepat. Mungkin butuh ratusan eksposur untuk kata-kata besar, tetapi semakin cepat Anda memulai, semakin cepat bayi akan mempelajarinya. Anak yang berusia 18 bulan belajar rata-rata dua hingga lima kata baru per hari. Saat mengajak bayi Anda belajar berbicara, maka hindari kata-kata kotor agar bayi tidak mengucapkannya.

  • Jangan mengandalkan TV.

Meskipun sekarang ini banyak sekali program pendidikan melalui TV yang dapat berfungsi sebagai suplemen, namun jangan sampai Anda mengandalkan acara TV tersebut, karena peran orang tua tetaplah memiliki fungsi yang paling penting.

Meskipun pengalaman bahasa awal sangatlah penting untuk diperhatikan oleh para orang tua, maka hal inilah yang menjadikan para orang tua harus memastikan bahwa bayi mendengar Anda dengan jelas. Semakin cepat masalah pendengaran potensial terdeteksi, maka akan semakin baik pula. Meskipun perkembangan setiap bayi berbeda, namun Anda tetap bisa melakukan hal yang sama.

Pada biasanya bayi memang tidak akan langsung dapat berbicara dengan lancar, akan tetapi bayi akan mengoceh terlebih dahulu. Terlebih lagi mengajak bayi bicara pun dapat dilakukan dengan cara yang sangatlah mudah asalkan Anda tidak bisa mengetahui pada beberapa tips yang ada di atas. Dengan mengetahui beberapa tips yang ada di atas, maka Anda tidak akan merasa kesulitan dalam mengajak bayi Anda berbicara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *