Tips dan Trik

Cara Memilih Bantal Bayi yang Tepat Agar Nyaman untuk Digunakan

Bantal adalah salah satu kunci agar dapat tidur dengan nyaman. Selain bantal, ada juga pemilihan kasur, bahan seprei, dan juga hal lainnya yang dapat untuk mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Terutama untuk anak-anak dan bayi yang memerlukan bantal yang dipilih dengan beberapa pertimbangan. Bantal tersebut dapat untuk menentukan kenyamanan seseorang sehingga mempengaruhi kualitas tidur yang bisa didapatkan. Misalnya beberapa cara yang tepat untuk dapat memilih bantal bayi agar membuatnya tepat nyaman.

Pemilihan bantal tersebut harus hati-hati karena pada dasarnya bayi yang baru lahir tidak membutuhkan bantal. Bahkan bantal tersebut dapat membahayakan bayi apabila dipilih dengan sembarangan. Oleh karena itulah, Anda harus memilih bantal untuk bayi yang tepat agar terhindar dari beberapa resiko berikut ini:

  • Bantal bisa untuk membuat bayi mengalami sesak nafas karena tekanan yang tidak sesuai dengan postur tubuhnya.
  • Yang tidak tepat akan membuat bayi susah untuk menggerakkan kepalanya.
  • Bantal bisa menjadi penyebab dari syndrome kematian mendadak yang banyak terjadi pada bayi yaitu SIDS.

Oleh karena itu diperlukan cara yang tepat untuk dapat memilih bantal bayi yang tepat. Hal tersebut untuk menghindari berbagai hal berbahaya seperti di atas. Adapun cara pemilihan yang pertama adalah untuk memilih bantal yang tepat. Beberapa cara memilih bantal yang tepat untuk digunakan bayi adalah:

  • Memilih bantal yang mempunyai model yang tipis sekali dan juga yang rata. Hal tersebut untuk membuat tubuhnya tetap rata sehingga tidak menyebabkannya tercekik dan susah bernafas.
  • Memilih isi bantal untuk bayi dengan tepat yaitu yang mempunyai bahan yang aman sehingga tidak menyebabkannya alergi. Apabila hal ini tidak diperhatikan maka bayi bisa mengalami alergi parah.
  • Memilih bungkus bantal yang lembut dan juga halus sehingga tidak akan melukai kulit bayi yang masih sensitif.
  • Usahakan agar bantal tersebut tidak menggunakan manik-manik yang justru membuat anak merasa tidak nyaman.

    Baca Juga:Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Sebaiknya Mulai Anda Siapkan

Selain pemilihan bantal yang tepat, orangtua juga harus mengetahui cara penggunaan bantal pada bayi dengan benar. Hal tersebut untuk membuat bayi merasa nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Sebaiknya untuk tidak menggunakan bantal ketika sedang tidak diawasi oleh orangtua.
  • Ratakan bantal dan gunakan dalam posisi tubuh bayi yang tepat.

Apabila hal tersebut telah diperhatikan dan dilakukan oleh orangtua. Maka bayi akan merasa nyaman apabila memakai bantal bayi tersebut. Bayi akan tidur lebih nyenyak dan tidak mengalami beragam gangguan apabila menggunakan bantal yang tidak nyaman digunakannya. Bahkan bukan hanya tidak nyaman tetapi juga dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan yang dialami apabila pemilihan dan posisi bantal yang tepat tidak diperhatikan oleh orang tua.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *