Tips dan Trik

Cara Memilih Bubur Bayi dalam Kemasan yang Tepat

Bubur adalah makanan pendamping ASI yang bisa diberikan kepada bayi yang sudah cukup untuk mengkonsumsinya. Biasanya bubur tersebut diberikan kepada bayi saat ia mulai masuk usia cukup untuk bisa diberikan makanan yaitu umur 6 bulan ke atas. Umur tersebut dirasa cukup umur karena pencernaannya sudah cukup mampu mencerna makanan yang diberikan padanya. Bubur bayi mempunyai tekstur yang lembut sehingga cocok untuk makanan di tahap awal perkembangan bayi mulai makan.

Ada dua jenis bubur untuk bayi yang bisa dipilih oleh orangtua. Pertama adalah bubur yang dimasak sendiri dengan memilih bahan yang sehat. Kelebihan dari bubur ini adalah bisa dimasak sendiri sehingga orangtua bisa untuk memvariasikan makanan bubur yang akan diberikan kepada bayi tersebut. Selain itu, bubur yang dimasak sendiri tentunya juga lebih sehat karena tanpa bahan pengawet dan juga tanpa bahan tambahan lainnya. Tetapi untuk menyiapkan bubur ini memang lebih membutuhkan waktu dibandingkan jenis bubur yang kedua yaitu bubur kemasan. Bubur kemasan untuk bayi ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket dan juga tempat lainnya. Untuk dapat memilih bubur kemasan yang tepat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua seperti berikut ini:

  • Periksa kandungan gizinya

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih bubur bayi kemasan adalah kandungan gizi yang disediakan. Pilih bubur untuk bayi yang mempunyai kandungan gizi yang lengkap dan seimbang seperti vitamin, kalsium, dan juga protein yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang pertumbuhannya. Usahakan untuk memilih kandungan gizi yang banyak dari bubur terbaik yang bisa diberikan untuk bayi. Untuk urusan harga dan merek bubur Anda harus sangat selektif dengan memilih yang terbaik. Sehingga bayi akan memperoleh manfaat yang maksimal dari mengkonsumsi bubur yang diberikan kepadanya.

  • Pilih bubur yang sesuai usia

Ada banyak usia bubur untuk bayi yang dapat dipilih, dari 3 bulan, 6 bulan, dan juga hingga 1 tahun. Biasanya hal tersebut dibedakan dari kandungan gizi yang ada di dalamnya yang disesuaikan dengan kebutuhan bayi tersebut. Oleh karena itu perhatikan bubur yang akan dibeli dan pilihlah yang cocok dengan usia bayi Anda.

  • Perhatikan tanggal kadaluarsa bayi

Dan cara terakhir untuk memilih bubur bayi yang tepat adalah perhatikan kemasan bubur tersebut. Pilih kemasan bubur yang baik dan masih utuh. Selain itu perhatikan juga tanggal kadaluarsa yang tertera dalam kemasan bubur tersebut. Pilih tanggal kadaluarsa yang masih panjang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat menimpa anak Anda. Dan langkah terakhir adalah untuk menyimpan bubur dengan baik dengan panduan yang tepat agar bubur tetap layak dikonsumsi oleh buah hati.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *