Tips dan Trik

Cara Memilih Mainan Bayi yang Aman dan Menyenangkan

Memiliki bayi ataupun balita merupakan hal yang paling menyenangkan bagi para orang tua, karena memang merupakan anugerah yang paling indah. Oleh karenanya sangatlah wajar, jika para orang tua akan lebih selektif dalam memberikan berbagai hal kepada putra putri mereka, termasuk didalamnya dalam memilihkan mainan. Meskipun merupakan hal yang terlihat sepele, namun jika tidak dipilih dengan selektif maka, mainan pun justru akan dapat menimbulkan bahaya tersendiri bagi bayi. Bagi Anda para orang tua muda yang memang baru saja menjalani tahapan sebagai orang tua, berikut ini bahasan mengenai cara untuk memilih mainan bayi yang aman untuk diberikan.

 Cara Memilih Mainan Bayi yang Aman dan Menyenangkan

Untuk dapat memberikan mainan dengan tepat kepada bayi Anda, hal pertama yang harus diperhatikan dengan seksama adalah pemilihan mainan sesuai dengan usia yang mereka miliki. Pastikan bahwa Anda memilih mainan bukan hanya berdasarkan pada tampilan lucu yang dimiliki oleh mainan tersebut, namun perhatikan dengan seksama label usia yang diperuntukkan didalamnya. Anda dapat menemukan label tersebut pada bagian packing mainan. Pemilihan mainan sesuai dengan usia selain aman, juga akan memberikan efek simulasi yang lebih baik bagi bayi Anda.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam pemilihan mainan bayi yang aman dan tepat untuk diberikan, antara lain adalah:

  • Bahan pembuatan mainan haruslah Anda perhatikan, pastikan bahwa mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman dan tidak mengandung pewarna yang dapat dengan mudah luntur dan dapat membahayakan kesehatan pada bayi Anda.
  • Ukuran dari mainan, sebaiknya Anda pilih dengan ukuran yang lebih besar dari mulut bayi, dimana hal ini ditujukan untuk menghindari agar mainan tersebut tidak mudah tertelan oleh bayi.
  • Pastikan bahwa bentuk mainan pun aman, dan tidak terdapat sisi-sisi ataupun permukaan mainan yang tajam, sehingga akan dapat melukai bayi Anda.

Selain hal tersebut diatas, akan lebih disarankan bagi Anda untuk tidak memberikan mainan yang terdapat bagian tali ataupun kawat dengan panjang melebihi 18 cm, karena dikhawatirkan tali ataupun kawat tersebut nantinya dapat melilit bagian leher bayi, yang akan berakibat fatal nantinya. Selain itu sangat tidak disarankan bagi Anda untuk memberikan mainan yang memiliki sistem baterai didalamnya, karena model mainan yang memiliki baterai, biasanya akan mudah lepas pada bagian baterainya. Hal tersebutlah yang akan membuat bayi dimungkinkan menelan baterai secara sembarangan.

Pilihlah mainan berkualitas tinggi, dengan bahan pembuatan yang aman bagi bayi Anda, agar nantinya mainan selain aman, juga dapat memberikan simulasi pada diri bayi, sehingga perkembangan otak pun akan menjadi lebih optimal. Pilih mainan bayi terbaik, demi keamanan dan kesehatan tumbuh kembang putra putri Anda, meskipun Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar. Mainan berkualitas biasanya akan terbuat dari bahan premium yang aman.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *