Perawatan Bayi

Cara Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Kesehatan bayi tentunya menjadi hal utama yang diperhatikan, salah satunya adalah kesehatan kulit. Bayi memiliki kulit yang sensitif sehingga seringkali terkena penyakit kulit seperti gatal dan ruam popok.

Ruam popok adalah jenis iritasi atau peradangan yang kerap terjadi pada bagian tubuh bayi yang tertutupi oleh popok, seperti pada bagian sekitar pantat, alat kelamin, serta bagian dalam pangkal paha.

Ruam terjadi karena adanya gesekan antara popok dan kulit selain itu juga terjadi karena bagian dalam popok yang lembab. Ruam kulit biasanya ditandai dengan adanya warna kemerahan, lecet ringan, serta gatal.

Bayi yang mengalami ruam tentunya akan merasakan ketidaknyamanan dan pastinya akan sering gelisah dan menangis. Oleh karena itu ibu harus melakukan beberapa hal untuk menghindarkan bayi dari ruam pada bagian yang tertutup popok:

  1. Ganti Popok

Ganti popok ketika basah, baik itu popok kain ataupun popok instan. Dengan mengganti popok sesering mungkin, maka akan membuat kulit bayi senantiasa kering dan tidak lembab. Selain itu juga menjaga bayi agar tetap bersih.

  1. Bersihkan Daerah Popok

Ketika mengganti popok, ibu harus membersihkan area yang tertutup popok dengan gerakan lembut menggunakan air hangat. Usap dan keringkan menggunakan handuk yang lembut.

Baca Juga : Tips Kehamilan Sehat untuk Wanita Usia di Atas 40 Tahun

  1. Pilih Popok

Jika menggunakan popok kain, harus pilih bahan popok yang tidak kasar sehingga lembut pada kulit bayi, sedangkan jika menggunakan diaper atau popok instan, pilih popok dengan bahan lembut, memiliki daya serap tinggi, serta memiliki ukuran yang pas pada bayi. Apalagi bayi terasa tidak nyaman dengan popok instan yang digunakan, ibu bisa mengganti dengan merk popok lainnya. Selain itu, apabila menggunakan diaper, ibu harus memilih ukuran popok yang tepat, tidak terlalu ketat, namun juga tidak terlalu longgar.

  1.  Biarkan Kulit Bayi Bernafas

Selain sering mengganti popok bayi, tak ada salahnya untuk membiarkan kulit bayi pada area popok bernafas sejenak. Caranya adalah dengan membiarkan bayi untuk tidak memakai popok dalam waktu tertentu selama beberapa menit.

  1. Hindari Produk Beralkohol

Karena kulit bayi masih sensitif, maka harus dihindarkan dari produk-produk beralkohol. Ketika membersihkan area yang tertutup popok, sebisa mungkin jangan menggunakan tisu basah yang beralkohol. Sebaiknya ibu menggunakan air hangat atau kapas yang dibasahi menggunakan baby oil.

  1. Hindari Bedak

Seringkali para ibu menggunakan bedak dan menaburkannya pada bayi, termasuk juga pada bagian yang tertutup popok. Padahal penggunaan bedak pada area tubuh bayi yang tidak tertutup popok tidaklah dianjurkan. Hal ini karena bedak membuat pori-pori kulit tersumbat dan apabila tercampur dengan urin dan feses bayi justru bisa mengakibatkan iritasi dan ruam kulit.  

Itulah cara yang bisa dilakukan oleh ibu untuk mencegah ruam popok pada bayi. Jika kulit bayi sehat, tentunya bayi akan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *