Tips dan Trik

Cara Mencuci dan Merawat Baju Anak yang Benar

Bayi Anda yang baru lahir mungkin bertubuh kecil, namun ia bisa menghasilkan gunungan pakaian kotor dalam waktu singkat. Oleh karena itu, para orang tua harus memilih baju-baju yang mudah kering dan bagaimana cara mencuci baju dengan praktis. Pekerjaan memilah baju anak dan menyimpannya di lemari juga menjadi tugas yang cukup melelahkan. Lantas, bagaimana tips yang membantu orang tua untuk merawat baju yang benar? Simak aturannya di bawah ini.

Cara Mencuci dan Merawat Baju Anak yang Benar

Memilih deterjen khusus untuk baju anak

Hampir setiap bayi memiliki kulit yang sensitif terhadap sentuhan zat-zat kimia. Hal ini harus diantisipasi dengan menggunakan produk deterjen yang memang diformulasikan untuk kulit bayi sensitif. Pilih deterjen yang tidak mengandung pemutih, pelembut dan pewangi pakaian. Jika tidak berhati-hati, kulit bayi bisa mengalami iritasi atau alergi. Salah satu merek yang aman digunakan adalah Sleek Baby Laundry Detergent. Deterjen ini mengandung paraben dan sudah teruji tidak menyebabkan iritasi. Selain itu, kandungan natural Plant Extract juga efektif menghilangkan noda.

Segera cuci baju anak apabila kotor

Mencuci baju segera setelah terkena noda adalah cara terbaik untuk mencegahnya sulit dihilangkan. Anda cukup menuangkan 1 hingga 2 sendok makan deterjen ke dalam cairan 5 liter air, kemudian rendam selama 30 menit. Untuk noda yang cukup parah, Anda bisa menuangkan sedikit deterjen langsung di atas noda, rendam sebentar, lalu kucek seperti biasa.

Bilaslah baju sampai bersih

Mencuci baju anak baik secara manual maupun dengan mesin, alangkah lebih baik jika membilasnya dengan air bersih sampai tidak ada busa yang menempel. Hal ini untuk memastikan tidak ada zat-zat kimia yang tersisa dan akhirnya menempel pada kulit anak. Setelah memastikan baju si kecil bersih, keringkan dengan mesin pengering, dan jemur di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari ini dapat membantu membunuh kuman yang masih tertinggal di pakaian.

Cuci baju sesuai dengan jenis bahannya

Baju anak memiliki bahan yang berbeda-beda. Sebagian ada yang berbahan wol atau sutera dan yang lainnya ada yang berbahan katun biasa. Untuk memastikannya, Anda bisa melihat pada label pakaian untuk mengetahui cara perawatan yang tepat. Sebagai contoh, pakaian berbahan wol biasanya tidak cocok jika dicuci menggunakan mesin. Hal ini dapat merusak serat kain, dan membuat kualitas pakaian tidak terjaga.

Mencuci baju baru

Baju baru, meski sudah terbungkus rapi dengan plastik, tidak menjamin bebas dari kuman, debu, dan senyawa berbahaya lainnya. Sebagai konsumen kita juga tidak melihat langsung proses produksi pakaian. Misalnya saja kontaminasi asap rook dan bahan kimia lainnya yang dapat membuat kulit bayi iritasi. Oleh sebab itu, biasakan untuk mencuci setiap baju baru sebelum si kecil menggunakannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *