Tips dan Trik

Cara Mengatasi Bayi Susah BAB dengan Benar

Memiliki bayi dengan proses pertumbuhan yang normal dan sehat, merupakan dambaan setiap orang tua, namun terkadang berbagai kendala terkait dengan kesehatan dan pola makan bayi memang tidak dapat dihindari oleh para orang tua. Kesulitan dalam menghadapi bayi yang susah maka, mungkin dapat diatasi dengan mudah oleh para orang tua yang memang saat ini banyak menggunakan berbagai asupan makanan tambahan yang banyak tersaji secara umum. namun tahukah Anda bahwa pemberian asupan makanan yang tidak seimbang, terkadang dapat membuat bayi susah BAB, sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam diri bayi dan membuat mereka selalu menangis tanpa Anda mengetahui sebabnya.

Setiap bayi, pastinya akan memiliki siklus buang air besar yang teratur dalam kesehariannya. Oleh karena itu bagi Anda orang tua yang memang memiliki bayi, wajib hukumnya bagi Anda untuk memperhatikan siklus BAB dari bayi Anda. Apabila bayi tidak BAB seperti biasanya, maka Anda wajib untuk mencurigai adanya gangguan pada siklus tersebut. Pada umumnya penyebab utama dari terganggunya siklus buang air besar pada seorang bayi ini, lebih dipengaruhi oleh pola asupan makanan yang memang berbentuk padat dan kurang mengandung serat. Oleh karena itulah, jika bayi Anda mengalami perubahan dan terlihat sulit untuk membuang air besar, maka akan dianjurkan bagi Anda untuk menghentikan sejenak asupan makanan yang biasa diberikan pada bayi Anda.

Berikut ini treatment lain yang mungkin dapat Anda gunakan untuk mengatasi bayi susah BAB, yang antara lain adalah:

  • Ajaklah bayi untuk dapat bergerak secara lebih aktif, bayi yang memiliki pergerakan aktif memungkinkan fesses akan terdorong oleh gerakan usus. Jika bayi memang sudah dapat merangkak, maka ajaklah mereka untuk dapat merangkak lebih sering.
  • Pijatlah perut bayi, dengan perlahan pada bagian bawah pusar perut sekitar 3 jari jaraknya. Pastikan pijatan yang Anda berikan memberikan kenyamanan pada bayi dan tidak membuatnya merasakan kesakitan.
  • Gantilah asupan susu formula dan makanan padat yang Anda berikan dengan susu formula dan makanan lainnya yang memang mengandung banyak serat untuk tubuh bayi.

Jika bayi memang telah memasuki usia mengkonsumsi makanan pendamping ASI, maka akan lebih disarankan bagi Anda untuk memberikan asupan makanan pendamping yang mengandung banyak serat dan berikan dengan cara mengkombinasikannya dengan makanan lain yang memang aman untuk bayi. Berikanlah bayi air minum minimal satu botol, agar tidak terjadi dehidrasi dan sistem pencernaan dapat berjalan dengan optimal.

Memandikan bayi dengan air hangat, juga mampu mengatasi bayi susah BAB. Memandikan bayi dengan air hangat memang dapat memberikan tingkat relaksasi pada tubuh bayi, sehingga mereka dapat dengan mudah dan nyaman untuk mengeluarkan kotoran dalam tubuh mereka, tanpa harus merasakan kesakitan. Namun demikian hal utama yang memang perlu diperhatikan adalah asupan makanan yang diberikan pada bayi.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *