Tips dan Trik

Cara Mengatasi Stress Ala Islam, Medis, Dan Psikologi

Hampir setiap orang pasti pernah mengalami stress. Selama dia masih hidup, tekanan lahir dan batin pasti akan terus datang silih berganti dan kadang-kadang membuat hati kita terasa sumpek. Dari berbagai masalah kehidupan, yang paling sering kita dengar sebagai pemicu stress adalah pekerjaan, percintaan, dan utang-piutang. Bila kita mau menelaah permasalahan yang menimpa dengan kepala dingin dan akal sehat, sebenarnya mengatasi stress itu tidak sesulit yang dibayangkan. Apalagi sebagai orang muslim yang berilmu, kita sudah dibekali dengan tuntunan Allah Swt. dan tuntunan ilmu medis dan psikologi.

Mengidentifikasi sumber stress

Bila Anda sakit, Anda harus mencari tahu apa penyebabnya agar tahu obatnya. Begitupun stress. Untuk mengatasi stress, Anda harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Coba identifikasi apa yang paling membuat Anda merasa tertekan. Kadang-kadang itu bisa bersumber dari lingkungan kerja, terlalu banyak pikiran, atau masalah dengan pasangan dan keluarga.

Bersyukur

Cara mengatasi stress yang kedua adalah dengan selalu mensyukuri apa yang menimpa Anda dan apa yang Anda miliki sekarang. Banyak orang menjadi stress karena tidak mampu mewujudkan impiannya yang terlampau tinggi. Ini bukan berarti Anda tidak boleh berambisi, tapi hendaklah realistis dan menerima apa pun hasilnya nanti. Ingat, Allah Swt. lebih tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Boleh jadi kita menyukai sesuatu padahal itu amat buruk bagi kita, dan boleh jadi kita membenci sesuatu padahal itu amat baik bagi kita.

Belajarlah untuk berkata tidak

Sebagai orang timur, kita sangat sulit untuk berkata ‘tidak’ dalam kehidupan pribadi dan profesional. Kita sering berpikir bahwa menolak akan membuat orang lain kecewa. Namun, ada saatnya Anda harus memikirkan diri sendiri juga. Jangan hanya karena tidak ingin orang lain kecewa, Anda terpaksa berkata ‘iya’ padahal Anda tidak mampu. Ini bisa memicu stress.

Al-Quran sebagai terapi

Membaca atau bahkan hanya mendengarkan Al-Quran dapat membuat pikiran kita tenang. Efek relaksasi yang timbul dari sini sangat ampuh dalam mengatasi stress dan ketegangan yang ada dalam diri.

Berikan waktu untuk diri sendiri

Cobalah untuk bersantai sejenak. Menghabiskan waktu dengan keluarga, membaca buku atau menonton film favorit,  memainkan olahraga favorit setiap sore atau menikmati keindahan alam bersama teman dapat menenangkan pikiran Anda dan melepaskan semua ketegangan dan mengatasi stress.

Bergaul dengan orang-orang positif

Ini bisa memperkuat mental Anda dalam menghadapi stress. Anda sangat dianjurkan untuk bertukar pikiran dan membagi keluh kesah pada orang yang selalu bersikap positif.

Pola makan yang sehat dan seimbang

Untuk mengatasi stress, Anda harus memiliki menu harian yang sehat dan seimbang. Makanan organik, seperti sayuran hijau dan buah-buahan, mengandung anti-oksidan dan vitamin C yang membantu menurunkan hormon stress.

Hindari alkohol, rokok, teh, kopi dan minuman ringan karena ini justru memperparah kondisi stress. Tingkatkan asupan karbohidrat dari gandum, beras merah, atau gandum utuh karena dapat membantu merangsang pelepasan bahan kimia serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *