Kesehatan / Tips dan Trik

Cara Menggemukan Badan Anak, Yuk Dicoba!

Setiap orangtua pastinya menginginkan hal terbaik untuk anak, termasuk di antaranya untuk kesehatan baik jiwa maupun raga. Melihat kondisi tubuh anak kurus, biasanya menjadi pikiran bagi para orangtua. Beberapa langkah dilakukan seperti membeli susu penambah berat badan anak. Namun sebaiknya para orangtua jangan panik dan gegabah dalam memutuskan bertindak. Kenali terlebih dahulu hal-hal apa saja yang biasanya menyebabkan seorang anak sulit gemuk, selanjutnya perhatikan benar kondisi anak, baik kondisi fisik maupun kondisi tingkah polahnya.

Pemberian susu pada anak merupakan salah satu tindakan awal baik untuk cara menggemukan badan dan menjaga asupan nutrisi anak. Rekomendasi susu penambah nutrisi anak dapat dicek di https://review.bukalapak.com/mom/7-rekomendasi-susu-penambah-nutrisi-untuk-anak-yang-susah-makan-39652

Ciri-ciri pada anak kurang berat badan yang mengindikasi perlunya tindakan serius adalah :

  • Jika gerak gerik anak kurang lincah,
  • Jika warna, elastisitas, integritas kulit tampak berubah. Contohnya jika dipegang tidak terasa kencang.
  • Jika kuku jari jemari tangan atau kaki tampak rapuh dan berganti warna
  • Jika tatapan mata kurang bercahaya, kelompak mata merah atau pucat,
  • Jika muncul banyak sariawan di dalam mulut,
  • Jika rambut anak tampak kusam tidak cemerlang.

Kondisi seorangĀ  anak yang tampak kurus memiliki beberapa penyebab, di antaranya adalah sebagai berikut ;

  • Asupan yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan

Menurut dr. Rini, adalah asupan makanan lebih sedikit dari pengeluaran energi yang dilakukan anak, misalnya anak aktif, bahkan terlalu aktif.

  • Adanya permasalahan pencernaan

Selain itu Penyebab lainnya adalah bisa jadi anak mengalami masalah pencernaan, seperti siklus buang air besar anak lebih sering dibandingkan anak-anak lain. Ada beberapa anak yang setiap kali makan, langsung buang air besar, yang disebabkan adanya maldigesti makanan atau fungsi pencernaannya kurang baik.

  • Keadaan kurang gizi

Seorang anak bisa memiliki kondisi kurang gizi dikarenakan pola makan yang tidak tepat dan adanya suatu penyakit yang diderita anak. Hal yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memberikan resep obat dan vitamin yang harus dikonsumsi sang anak berikut juga dengan pola makan yang seharusnya diberikan.

  • Intoleransi terhadap laktosa

Inteoleransi laktosa merupakan keadaan seseorang yang tidak mampu mencerna laktosa, yaitu jenis gula yang terdapat pada produk susu. Cara penanganannya antara lain mengganti susu menjadi susu khusus yang tidak mengandung laktosa dan berkonsultasi dengan dokter.

Karena itu penting sekali untuk para Ibu memiliki growth chart pada balita, sebagai patokan awal dalam mengukur kondisi ideal berat badan anak. Lebih baik lagi secara rutin melakukan pemeriksaan kepada dokter untuk berdiskusi mengenai kesehatan anak. Namun perlu diperhatikan sebenarnya apa yang menyebabkan seorang anak susah gemuk.

Untuk lebih memastikan lagi sebaiknya segera berdiskusi dengan dokter anak, jika dibutuhkan dilanjutkan berkonsultasi dengan dokter gizi. Sebagai dasar pemeriksaan biasanya dokter mengarahkan untuk dilakukan tes darah terlebih dahulu. Setelah serangkaian pemeriksaan dan observasi, dokter akan memberikan petunjuk mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai cara menggemukan badan dan memenuhi asupan nutrisi anak. Usaha ini harus dilakukan secara tertib sesuai arahan dokter untuk hasil yang maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *