Perawatan Bayi

Cara Menjaga Kehamilan Dan Perkembangan Janin Trimester Kedua

Para dokter mengatakan bahwa trimester kedua ini merupakan usia yang aman pada kehamilan. Pada masa ini kebanyakan ibu yang sudah mulai menikmati indahnya mengandung sang buah hati karena memasuki trimester kedua perkembangan janin semakin pesat. Selain mulai peka terhadap cahaya dan suara, bagian-bagian tubuhnya, seperti kaki dan pergelangan tangan, mulai terbentuk sempurna dan terlihat jelas. Janin pun sudah memiliki kemampuan mengisap jempolnya sendiri, dan bahkan janin sudah dapat menelan dan bernafas. Fungsi hati, limpa, dan pankreas juga sudah berjalan.

Pada trimester kedua ini perkembangan janin juga meliputi pembentukan kulit tipis pada janin. Lapisan lemak pun mulai terbentuk untuk melindungi janin agar tetap selalu hangat. Selain itu, kemampuan menendang, mengguling, dan merespon suara juga muncul pada trimester ini.

Sejatinya, perkembangan janin yang pesat pada masa ini membuat janin yang ada di dalam perut sudah dapat mendengar suara dari luar sehingga para ibu banyak melakukan berbagai terapi suara untuk bayi, seperti memperdengarkan dan membacakan Al-Quran, dan membacakan berbagai buku cerita. Uniknya, janin justru akan lebih aktif pada malam hari.

Selain perkembangan janin yang luar biasa, trimester ini juga ditandai dengan perubahan fisik ibu hamil yang semakin jelas dengan perut yang semakin membesar. Pada usia kehamilan 12 minggu rahim semakin membesar dan melewati rongga panggul dan pada usia 20 minggu bagian atas rahim akan sejajar dengan pusar.

Pada trimester kedua ini ibu hamil biasanya mengalami pembengkakan akibat menahan cairan dan sering mengalami kram pada kaki. Kadar hormon progesteron yang semakin meningkat mengakibatkan otot saluran cerna menjadi semakin besar. Hal ini menyebabkan ibu hamil merasakan nyeri pada ulu hati.

Dengan kondisi di atas, penting bagi ibu hamil menjaga dan merawat kehamilannya agar perkembangan janin tidak terganggu. Berikut ini beberapa tips sederhananya.

  1. Karena beberapa organ vital di dalam tubuh ibu hamil akan bekerja lebih keras, ibu hamil sebaiknya banyak beristirahat.
  2. Tidurlah dengan posisi miring ke sebelah kiri dan selalu gunakan bantalan pada kaki. Posisi tidur seperti ini tidak akan mengganggu aktivitas dan gerak janin di dalam kandungan.
  3. Hindari mengambil barang dengan posisi membungkuk agar janin tidak tertekan. Akan lebih baik bila ibu berjongkok saat akan mengambil suatu barang.
  4. Hindari melakukan kegiatan berat seperti mengangkat beban berat, berolahraga berat, nge-gym, dan jogging dalam waktu lama.
  5. Mulailah merawat payudara dengan membersihkan puting susu secara teratur dengan menggunakan krim khusus payudara dan memijat-mijat daerah sekitar payudara.

6. Mandilah dengan menggunakan air hangat karena akan membuat tubuh lebih rileks dan dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi pada kaki.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *