Tips dan Trik

Cara Menyembuhkan, Memulihkan Rahim dan Luka Pasca Melahirkan Caesar

Melahirkan bisa dilakukan dengan proses normal atau melalui operasi caesar. Operasi caesar biasanya dilakukan karena ada beberapa alasan medis yang kuat. Pasca melahirkan dengan cara caesar ibu memiliki keterbatasan kegiatan khususnya kegiatan atau aktivitas yang melibatkan fisik. Berikut pembahasan mengenai perawatan dan cara pemulihan pasca melahirkan yang dilakukan dengan cara operasi.

Seputar Operasi Caesar

Operasi caesar dilakukan dengan cara pembedahan di perut pada bagian dinding rahim untuk mengeluarkan bayi. Jika proses melahirkan menggunakan operasi, setelah persalinan yang harus diperhatikana dalah pemulihan rahim dan luka sayatan operasi karena biasanya menimbulkan sakit lebih besar dibandingkan melahirkan dengan cara yang normal.

Langkah Perawatan dan Penyembuhan

Perawatan pasca melahirkan operasi caesar lebih lama dibandingkan dengan melahirkan cara normal. Ibu harus memulai membiasakan diri nyaman dengan luka operasi. Lalu dilanjutkan membiasakan posisi miring, duduk, berdiri dan berjalan.

Berikut ini adalah cara yang bisa membantu proses penyembuhan lebih cepat, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Pelan-pelan bergerak dan sabar

Semua ibu yang baru melahirkan disarankan untuk tidak cepat bergerak. Gerakan untuk ibu yang melahirkan caesar masih sangat sedikit bahkan disarankan lebih banyak tiduran di tempat tidur atau sofa hal ini dilakukan agar luka operasi tidak terbuka, mengurangi pembekuan dan mencegah aliran darah naik ke organ paru-paru.

  • Tidak mengangkat bayi atau benda yang berat

Setelah operasi, luka sayatan tidak bisa langsung sembuh dibutuhkan waktu penyembuhan yang lumayan agak lama dibandingkan dengan cara melahirkan normal. Agar cepat pulih hindari posisi tubuh membungkuk dan mengangkat.

Jika Anda akan menyusui bayi minta tolong orang lain untuk mengangkat bayi. Anda bisa menggendong bayi tetap dalam possi duduk. Untuk mencegah tekanan perut gunakan bantalan yang lembut yang disimpan di sekitar perut, dengan demikian Anda masih bisa menyusui bayi.

Baca Juga : Tips Para Suami Menghadapi Suasana Hati Saat Hamil Istri Tercinta

  • Minum obat dan air putih

Setelah operasi biasanya dokter akan memberikan beberapa obat yang harus diminum teratur. Biasanya obat yang diberikan mengandung anti inflamasi yang membantu mencegah peradangan dan membantu menyembuhkan luka operasi. Selain itu dokter akan memberikan obat penghilang/ mengurangi rasa sakit atau kram perut akibat rahim mengalami penyusutan. Selain minum obat, jangan lupa mengkonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi. Air putih juga membantu menjaga produksi ASI berjalan lancar.

  • Pendarahan pada organ vital

Walaupun cara melahirkan dengan operasi, namun pendarahan di organ vital atau vagina tetap akan terjadi dan harus terjadi karena pendarahan adalah proses yang normal. Pendarahan setelah melahirkan membantu membersihkan rahim.

Pemulihan dan perawatan pasca melahirkan yang terakhir adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang berserat tinggi agar pencernaan lebih lancar. Selain itu jaga kebersihan khususnya pada bagian luka agar terhindar dari infeksi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *