Tips dan Trik

Cara Merangsang Kemampuan Bayi Bicara

Pastinya Anda tahu, jika si kecil lapar, haus, atau sakit, tidak dapat mengungkapkannya secara langsung. Mereka hanya bisa menangis untuk menarik perhatian Anda. Namun, tak jarang juga bayi bicara menggunakan bahasanya sendiri untuk mengajak Anda berkomunikasi. Tentunya Anda akan merespon pembicaraan si kecil dengan bahasa yang sama juga. Menurut Anda, apakah bahasa bayi mampu merangsang kemampuan bicara si kecil atau malah menghambatnya?

Cara Merangsang Kemampuan Bayi Bicara

Pentingnya Orangtua Bicara dengan Bahasa Bayi

Sejak si kecil lahir, terutama saat beranjak usia satu tahun, akan ada banyak hal yang mulai ia pelajari, salah satunya yaitu berkomunikasi. Si kecil dapat tertawa, tersenyum, atau sekedar berteriak memanggil Anda dengan panggilan ‘bubu’ atau ‘mama’. Hal ini adalah cara interaksi anak untuk mengajak Anda mengobrol. Perlu Anda ketahui, jika berkomunikasi dengan bayi merupakan fase penting yang harus rutin dilakukan pasa masa awal si kecil lahir.

Sebagai orangtua yang baik, Anda perlu memperhatikan perkembangan kemampuan bayi bicara. Anda juga perlu memahami bahasa bayi agar dapat berinteraksi dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan cara si kecil menulis, berbahas, dan juga kemampuan nya dalam membaca.

Saat Si Kecil tersenyum dan Memperhatikan Anda

Secara umum, bayi sesungguhnya sudah mampu mengerti arti percakapan atau perkataan yang Anda biasa ucapkan di depan publik. Selain itu, si kecil juga biasa menyerap pemahaman mengenai nada bicara, sehingga mereka tahu kapan Anda sedang marah ataupun senang. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merangsang kemampuan bayi bicara:

  • Berikan waktu dan perhatian Anda pada bayi saat ia sedang berbicara. Jika memungkinkan Anda bisa meninggalkan sementara aktivitas pekerjaan Anda.
  • Saat sedang tertawa, tatap mukanya dengan antusias.
  • Perbanyak senyum terhadap si kecil
  • Dibutuhkan kesabaran untuk mengartikan dan memahami tanda atau bahasa yang disampaikan oleh bayi.

Sering-seringlah Berbicara dengan Si Kecil

Perlu Anda ketahui, jika seorang bayi juga merupakan pendengar yang baik. Si kecil akan sangat antusias memperhatikan ibunya saat sedang berbicara, terutama apabila Anda mengajaknya berbicara dengan nada yang lembut dan bahagia. Bayi kerap kali suka meniru perkataan yang ia sering dengar atau perhatikan. Sehingga, semakin banyak Anda mengajaknya berkomunikasi maka semakin pandai sang bayi bicara.

Sebagai orangtua, Anda bisa mengajari si kecil berbicara dengan kata-kata yang baik dan benar. Si kecil akan dengan cepat menyerap cara berbicara dan gaya bahasa yang Anda sampaikan kepadanya. Sebagai contoh, Anda bisa menunjuk diri sendiri dengan sebutan “mama” saat berinteraksi dengan si kecil. Anda bisa membiasakan aktivitas berbicara tersebut kapan pun dan dimana pun, sehingga dapat dengan lancara sang bayi bicara.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *