Perawatan Bayi

Cara Merawat Bayi Kembar Agar Lebih Praktis

Melahirkan bayi kembar bisa menjadi kejutan yang membahagiakan sekaligus diperlukan persiapan yang serba ekstra. Banyak ibu muda yang kebingungan bagaimana merawat bayi kembar atau bayi lebih dari satu dalam waktu yang bersamaan.

Mengurus dan merawat kedua bayi secara bersamaan sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Lebih jelasnya simak uraian mengenai cara merawat bayi yang bisa Anda coba lakukan.

Buat Jadwal Yang Sama

Memiliki bayi kembar sama dengan memiliki bayi. Anda harus mengatur jadwal memandikan, memberikan ASI dsb. Nah bedanya, Anda harus membuat jadwal untuk kedua bayi Anda. Agar lebih praktis dan mudah buat jadwal kegiatan yang sama dalam segala hal. Jika tidak dibuat sama, nantinya Anda akan terus sibuk terus menerus melakukan ini itu.

Memberikan ASI Saat Bersamaan

Anda dapat membuat jadwal memberi ASI pada waktu bersamaan. Satu bayi di sebelah kanan dan satunya di sebelah kiri. Agar keduanya nyaman, tempatkan di dalam posisi yang nyaman. Tapi jika Anda sendiri yang tidak nyaman dengan memberikan ASI bersamaan, caranya bisa dengan memberikan satu bayi ASI langsung dari putting dan yang satunya diberi dengan bantuan botol. Tempatkan keduanya di pangkuan Anda.

Tempat Tidur Yang Sama

Pada waktu bayi baru lahir, Anda bisa memanfaatkan satu tempat tidur bayi untuk digunakan berdua. Menurut pengalaman para ibu yang memiliki anak kembar, dengan menempatkan bayi di tempat tidur yang sama bisa membuat mereka tidur lebih nyenyak. Mungkin karena kembarannya ada disampingnya. Nah saat mereka mulai besar, mereka akan tidur dengan tingkahnya masing-masing, artinya tempat tidurnya sudah harus dipisahkan.

Temukan Perbedaan Mereka

Kebanyakan kedua bayi memiliki banyak persamaan, apalagi kembar identik. Sebagai orang tua khususnya, memiliki bayi kembar sudah seharusnya menemukan apa perbedaannya. Dengan demikian Anda bisa mengenali buah hati kembar dan membedakan mereka dengan mudah.

Pastikan Kesehatannya

Masalah yang umumnya sering terjadi adalah bayi mengalami gangguan pernapasannya. Hal tersebut karena paru-paru mereka belum berkembang dengan baik. Jadi, awal kelahirannya Anda harus segera memastikan apakan bayi Anda mengalami masalah pernapasan atau tidak.

Nikmati Saat Melakukan Perawatan

Memiliki dua bayi sekaligus memang lebih sibuk dua kali lipat. Namun, seiring berjalannya waktu merawat bayi menjadi sangat menyenangkan. Pada saat mereka sudah menginjak usia tiga tahun Anda tidak akan terlalu repot. Bahkan Anda tidak perlu terus-terusan menemani bayi, karena keduanya tubuh bersamaan artinya saling memiliki teman bermain.

Saat melakukan perawatan di awal kehamilan, nikmati setiap momentnya. Karena itu bisa menjadi kenangan manis yang tidak akan Anda lupakan. Itulah beberapa tips merawat bayi kembar yang lebih praktis. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *