Perawatan Bayi

Cara Merawat Bayi Laki-Laki

Ada yang mengatakan merawat bayi laki-laki lebih mudah dari bayi perempuan. Sebenarnya hal itu tidak sepenuhnya benar. Baik merawat bayi laki-laki maupun bayi perempuan, harus kamu lakukan sepenuh hati. Kenapa? karena kesehatannya sepenuhnya ada di tanganmu sebagai ibunya. Seperti halnya bayi perempuan, ada hal-hal yang harus ekstra perhatikan saat merawat bayi laki-laki. Berikut adalah panduan tentang cara merawat bayi laki-laki yang wajib kamu ketahui.

Cara Merawat Bayi Laki-Laki

Kebersihan Organ Intim

Ketika sedang melakukan perawatan ataupun pembersihan, hindari terlalu kuat saat membersihkan penis bayi. Seperti yang diketahui bahwa bayi memiliki kulit yang masih rapuh. Begitu pula dengan bagian kulit penis yang masih sangat kencang. Cukup basuh menggunakan kapas basah atau aliran air pada bagian genital, lalu seka memakai handuk kering secara lembut. Jika anak sudah balita, bagian kulit luar penis mulai mengendur dan bisa ditarik guna dibersihkan dengan mudah.

Kenali Adanya Kelainan Genital

Dalam beberapa kasus, kelainan genital bisa saja ditemukan pada bayi dimana kondisi ini sifatnya bawaan sejak lahir. Kelainan yang dimaksud antara lain mikropenis, dimana ukuran penis terlalu  kecil dibanding ukuran normal yaitu 2 cm. Kelainan lain misalnya hipospodia, berupa kelainan bawaan dimana posisi lubang kencing tidak berada pada ujung kepala penis melainkan sedikit lebih ke bawah. Kelainan lain juga bisa ditemukan pada bagian testis. Selalu perhatikan dan kenali bentuk organ genital bayi laki-laki Anda. Apabila Anda merasa ada yang aneh, segera periksakan ke dokter untuk mendapat masukan atau penanganan lanjutan.

Kenalkan Mainan Anak Laki-laki

Walau sebenarnya bayi masih belum sepenuhnya sadar akan gender, namun Anda sudah bisa mengenalkan hal ini pada anak sejak dini. Bagi bayi laki-laki, proses pengenalan ini bisa dilakukan dengan memberi mainan berupa bola, robot ataupun mobil-mobilan. Dengan cara semacam ini, bayi menjadi terbiasa hingga akhirnya mengenali diri sendiri saat beranjak dewasa. Perlakuan yang Anda berikan pun juga sebaiknya juga khusus untuk anak laki-laki, lain dari anak perempuan. Proses ini untuk menghindari masalah kepribadian ataupun lainnya yang mungkin saja muncul di kemudian hari. Selain itu, mainan khusus ini membuat anak Anda lebih percaya diri saat bermain dengan teman sebayanya.

Kerja Sama Kedua Orang Tua

Merawat bayi memang sudah menjadi tanggung jawab kedua orang tua. Namun untuk anak laki-laki, peran ayah tidak mudah digantikan oleh ibunya sendirian. Ayah cenderung akan membuat sang jagoan lebih tangguh dan bertanggung jawab. Suami harus dilibatkan mengasuh anak laki-laki tiap hari, meski dalam frekuensi yang lebih jarang dibanding ibu. Mengajak bermain atau sekedar menghabiskan waktu bersama dipercaya dapat memperkuat hubungan diantara keduanya. Terlebih jika bayi mulai beranjak dewasa, dimana ia akan cenderung meniru kebiasaan dan sifat sang ayah.

Bayi laki-laki memang butuh perhatian lebih, karena jenis kelamin memang sedikit lebih bandel dibandingkan dengan bayi perempuan. Maka dari itu perlu diperhatikan juga cara memberikan pelajaran kepada mereka.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *