Perawatan Bayi

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir untuk Para Pasangan Baru

Dalam sebuah pernikahan, hadiah paling indah yang dinantikan tentu saja adalah dengan memiliki bayi. Fase tumbuh kembang si kecil pun selalu jadi momen menarik untuk diabadikan. Tentunya jika memiliki bayi, maka Anda pun wajib memberikan padanya perawatan yang terbaik. Meski demikian untuk para pasangan baru, kemungkinan masih belum begitu ahli dalam hal cara merawat bayi. Memang untuk pengantin baru, wajar sekali jika masih belum tahu cara dalam mengasuh si kecil.

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir untuk Para Pasangan Baru 

Memang adaptasi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Tentu perawatan bayi memberikan kelelahan yang amat sangat sepanjang hari. Bahkan tak jarang para pasangan baru ini alami tekanan yang berlebihan. Meski demikian, Anda wajib untuk bisa menjaga kondisi fisik dan juga mental sehingga memungkinkan Anda tetap dalam kondisi prima ketika merawat si kecil. Tentunya Anda tetap harus banyak berkonsultasi dengan orang tua, pasangan lain hingga dokter sehingga perawatan bayi tepat. 

Untuk Anda yang masih pasangan baru, maka berikut ini beberapa hal yang wajib Anda ketahui terkait cara merawat bayi baru lahir:

  • Jaga kebersihan serta keamanan bayi

Sebelum menggendong dan memegang bayi, ada baiknya jika Anda membersihkan tangan terlebih dulu. Cuci tangan hingga bersih dimana hal ini dimaksudkan agar bayi bisa terhindar dari kuman yang menyerang. Anda pun wajib berhati-hati ketika menggendong bayi dalam pegangan tangan di kepala dan leher si kecil. Jangan sampai mengguncangkan bayi ketika membangunkannya karena bisa sebabkan pendarahan pada otak.

  • Mandikan bayi

Untuk bayi baru lahir sebetulnya tak perlu memandikannya tiap hari. Anda bisa cukup memandikannya dua kali per minggunya saja. Sebelum tali pusarnya copot, maka Anda dianjurkan dalam memandikan bayi menggunakan spons. Anda bisa mandikan bayi memakai shampo dan juga sabun dimana didesain secara khusus untuk bayi.

  • Ganti popok bayi

Melepas dan memasang popok bayi menjadi aktivitas yang umum dilakukan. Bahkan Anda kemungkinan bisa ganti popok si kecil sampai 10 kali per harinya. Tentunya hal ini disesuaikan dengan asupan yang didapat oleh si kecil. Melepas dan memasang popok pun wajib hati-hati dan diperhatikan benar karena bisa jadi akan mampu menyebabkannya iritasi.

  • Memberi susu

Untuk bayi baru lahir, Anda kemungkinan akan memberinya susu lebih sering lagi. Dalam sehari, bayi bisa diberi susu hingga 15 kali namun dalam volume tak begitu banyak mengingat kapasitas pada perutnya yang cenderung masih kecil. 

Itulah beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam cara merawat bayi baru lahir. Memang tidak mudah untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri, namun tentu semuanya bisa diupayakan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *