Perawatan Bayi

Cara Merawat Bayi yang Terkena Ruam Popok

Memakaikan popok kepada bayi merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh orang tua agar bayinya tidak mengompol sembarangan. Memakaikan popok, terutama popok instan yang mampu menyerap kotoran sehingga tidak tembus keluar, merupakan cara paling mudah untuk menghindarkan bayi dari kemungkinan mengompol di kasur. Selain itu, jika memakai popok instan sekali pakai dan langsung dibuang, orang tua tidak perlu mencuci sebagaimana yang mereka lakukan pada popok kain. Mencuci popok bayi akan menyita waktu orang tua, apalagi mencucinya harus dilakukan secara rutin agar mereka tidak kehabisan popok. Namun, terdapat efek samping dari pemakaian popok instan pada bayi, yaitu bayi berpotensi terkena ruam popok. Ruam merupakan sejenis iritasi pada bayi yang disebabkan oleh pemakaian popok. Kulit bayi yang dikenal sensitif akan mudah terkena iritasi yang diakibatkan oleh sentuhan yang terlalu lama dengan kotoran. Berikut ini adalah cara merawat bayi yang terkena ruam popok.

Mengoleskan Krim atau Salep Pencegah Ruam Popok

Banyak sekali produsen pampers atau popok instan yang memberikan bonus berupa krim anti ruam setiap pembelian popok yang diletakkan di dalam kemasan popok tersebut. Krim anti ruam tersebut cukup efektif untuk mengatasi ruam popok. Namun, tidak sedikit produsen popok instan yang tidak memberi bonus krim anti ruam di dalam kemasan pampers yang dijualnya, sehingga orang tua sering kebingunan ketika anaknya sudah terkena ruam popok. Cara merawat bayi yang terkena ruam popok yang paling efektif sebenarnya adalah dengan mengoleskan krim atau salep pencegah ruam popok. Krim atau salep pencegah dan obat ruam tersebut bisa didapatkan di apotek terdekat. Obat oleh atau krim anti ruam biasanya terbuat dari bahan dasar zinc oxide yang berguna mengatasi ruam popok dan menyembuhkan iritasi pada kulit bayi.

Baca Juga: ENAM KIAT MUDAH DAN PRAKTIS PERAWATAN BAYI SEHAT

Jangan Pakaikan Bedak Ketika Bayi Terkena Ruam

Banyak sekali orang tua yang beranggapan bahwa memakaikan bedak pada bayi, terutama bedak gatal, akan mampu menyembuhkan ruam popok. Anggapan tersebut adalah keliru, sebab kulit yang sudah terkena ruam umumnya akan lebih lembab, dan bedak yang teksturnya lembut dan halus justru akan menempel pada permukaan kulit yang lembab, sehingga proses penyembuhannya akan lebih lama, karena kulit yang terkena iritasi yang seharunya bisa capat sembuh jika terkena udara, akan tertutupi dengan adanya bedak bayi tersebut. Selain itu, bedak dapat memicu iritasi pada kulit bayi.

Menggunakan Popok yang Lebih Longgar

Seringkali, penyebab bayi terkena ruam popok karena adanya gesekan antara popok yang dikenakan ke kulit bayi. Jika bayi sudah terkena ruam, akan sulit sembuh selama masih menggunakan popok yang berukuran ketat. Oleh sebab itu, selama masa penyembuhan ruam, cara merawat bayi dari ruam adalah dengan memakaikan popok yang lebih longgar, agar bahan popok tidak lagi tergesek pada kulit bayi, sehingga proses penyembuhan akan lebih cepat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *