Tips dan Trik

Cara Merawat Gigi Bayi Agar Sehat dan Kuat

Penyakit pada gigi merupakan jenis penyakit yang pada umumnya banyak dialami oleh anak dalam masa pertumbuhan. Hal ini sangatlah wajar mengingat anak-anak pastinya akan lebih menyukai makanan dengan rasa yang manis, yang memang terkadang tidak mereka sadari dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan penyakit dalam gigi mereka. Oleh sebab itulah, sebagai orang tua hendaknya kita telah menerapkan pola perawatan gigi yang tepat pada anak sejak usia dini. Tidak hanya pada saat mereka telah tumbuh menjadi seorang anak, merawat gigi bayi juga harus dijadikan kebiasaan yang baik dan harus terus dijaga sepanjang waktu.

Meskipun secara lahiriah seorang bayi memang belum memiliki gigi yang utuh, namun perawatan pada mulut dan gusi bayi tetaplah harus dijaga oleh kita sebagai orang tua. Dengan pembersihan mulut dan gusi secara berkala, maka kesehatan pada mulut bayi akan terjaga dengan baik. Dengan membersihkan mulut dan gusi bayi secara berkala, maka Anda secara tidak langsung telah mencegah masuknya berbagai kuman penyakit yang mungkin saja tertelan oleh bayi tersebut.

Berikut ini beberapa treatment yang mungkin dapat Anda lakukan untuk merawat gigi bayi, yang baru saja mengalami pertumbuhan, yang antara lain adalah

Baca Juga: 7 Cara Mudah Merawat Gigi Bayi Agar Terhindar dari Caries

  • Bersihkanlah gigi bayi dengan kain lembab yang bersih dan steril, sehabis Anda memberikan susu pada mereka.
  • Hindarkan bayi Anda tidur dengan mengenyot botol yang berisi susu, karena rasa manis yang ada pada susu, memungkinkan untuk terjadinya pengeroposan pada gigi bayi.
  • Gunakan sikat gigi bayi yang lembut, ketika gigi graham bayi mulai tumbuh, dan gunakan pasta gigi yang tepat dan sesuai dengan usia bayi.
  • Ajarkan Anak dan bayi Anda sedini mungkin mengenai cara menyikat gigi yang baik dan benar, dan biasakan mereka untuk menyikat gigi sebelum tidur, agar kesehatan gigi mereka lebih terjaga.

Memeriksakan gigi secara teratur setiap 6 bulan sekali dengan mendatangi dokter gigi, adalah cara terbaik untuk memastikan kesehatan gigi putra putri Anda. Jadilah teladan bagi mereka dengan turut secara rutin memeriksakan gigi Anda secara berkala ke dokter gigi. Buatlah contoh yang baik untuk putra putri Anda dan jangan jadikan pergi ke dokter gigi sebagai stigma yang menyerapkan bagi putra putri Anda.

Cara merawat gigi bayi ini, sudah dapat Anda terapkan pada putra putri Anda sejak dini, dan jangan menunggu sampai mereka memiliki dan mengalami proses pertumbuhan gigi terlebih dahulu. Menjaga kesehatan gigi bayi merupakan tanggung jawab orang tua, dengan membiasakan anak sejak bayi untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut sejak bayi, merupakan cara paling efektif untuk mengajarkan mereka tentang arti penting kesehatan gigi dan mulut.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *