Tips dan Trik

Cara Mudah Agar Penyakit Cacar Air Bisa Cepat Kering

Sudahkah Anda terkena cacar air? Kalau belum mungkin dalam waktu dekat akan mengalaminya karena termasuk penyakit musiman dan dikenal akan dialami setiap orang. Minimal sekali dalam seumur hidupnya bahkan oleh mereka yang sudah melakukan vaksinasi cacar jenis ini. Meskipun ada beberapa kasus orang yang sudah mendapatkan vaksin selama hidupnya tidak pernah mengalami cacar satu ini. tentunya patut disyukuri sebab penyakit satu ini meski musiman dan mudah dijumpai tetap saja resikonya bisa fatal kalau tidak ditangani dengan cepat dan tepat.

Tips Agar Cacar Lekas Mengering

Penderitanya bisa dari berbagai kalangan mulai dari bayi sampai lansia, mengingat semua orang dalam seumur hidupnya akan mengalami cacar. Berhubung cacar akan meninggalkan bekas maka lakukan beberapa perawatan ini selama cacar muncul di kulit agar mudah kering dan tidak membekas:

  • Baiknya tidak di garuk,

Ketika cacar muncul maka suhu tubuh akan meningkat dan besar kemungkinan merasa sangat gatal, namun baiknya ditahan saja. Fokuslah dengan kesibukan lain supaya tidak muncul keinginan menggaruk cacar tersebut. Sebab kalau di garuk infeksinya semakin parah dan nantinya meninggalkan bekas atau bopeng bahkan setelah bertahun-tahun lamanya.

  • Kompres dengan air dingin setiap hari,

Rasa gatal yang muncul akibat cacar air tersebut memang akan semakin menjadi saat suhu tubuh meningkat. Maka jangan ragu menyalakan AC ke suhu di bawah 22 derajat ataupun kipas angin. Kemudian sesekali kompres dengan air dingin seperti air yang didinginkan di kulkas dulu untuk membantu menurunkan suhu tubuh. Ketika suhu tubuh naik dan kepanasan maka cacar ini akan semakin terasa gatal padahal kalau di garuk nantinya tidak mudah kering dan meninggalkan bekas.

  • Usahakan tidak keluar rumah dulu,

Ketika mengalami cacar maka akan lebih baik kalau berdiam diri di rumah, supaya suhu tubuh tetap dalam kondisi normal. Kemudian mencegah terinfeksi virus cacar lagi yang berasal dari orang lain yang menderita cacar tersebut. Kalau bekerja di kantor atau perusahaan maka mintalah cuti selama beberapa hari, sebab paling minim 3 hari cacar ini mulai kering. Bisa semakin cepat kalau Anda diam di rumah selain efektif mempercepat keringnya cacar juga mencegah menularkan ke orang lain.

  • Selalu memperhatikan kebersihan,

Apakah Anda sering mendengar penderita cacar tidak boleh mandi? Tentunya keliru sekali kalau dipraktekkan sebab virus akan menyukai kulit yang kotor dan lembab akibat tidak mandi selama beberapa hari. Usahakan tetap mandi seperti biasa dan bisa menambah air dengan obat serbuk berwarna ungu yang bisa membantu mempercepat pengeringan cacar tersebut. Mandi secara teratur akan membantu membunuh virus yang menginfeksi kulit penyebab cacar air tersebut, jadi kalau mau lekas sembuh mandilah secara teratur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *