Tips dan Trik

Cara Mudah Membersihkan Kerak Kepala Bayi yang Baru Lahir

Merawat bayi bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi bagi orang tua yang masih baru atau pertama kalinya mempunyai anak. Banyak sekali hal-hal yang perlu dipelajari dari awal supaya tidak menimbulkan masalah untuk si kecil. Misalnya saja ketika perawatan tubuh seperti menghilangkan kerak kepala bayi yang baru saja lahir. Ini bukanlah sesuatu yang membahayakan tetapi ada baiknya untuk langsung dibersihkan sebelum semuanya terlambat. Banyak orang tua yang membiarkan hal tersebut, tetapi terkadang semakin lama dibiarkan akan semakin susah untuk dibersihkan.

Cara Mudah Membersihkan Kerak Kepala Bayi yang Baru Lahir 

Membersihkan setiap bagian tubuh bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi itu merupakan bagian kepala. Anda harus menggunakan teknik khusus yang dikarenakan bagian tubuh atau kepala anak masih sangat lembut sekali dan resiko lecet lebih besar. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika akan membersihkan kulit kepala bayi yaitu:

  1. Siapkan alat pembersih yang akan digunakan, ini meliputi baby oil, sisir sikat, shampo untuk bayi, waslap, dan lainnya. Yang perlu Anda ingat, harus menggunakan produk khusus dan tepat untuk bayi.
  2. Selanjutnya Anda bisa bersihkan terlebih dahulu, lalu oleskan minyak khusus bayi yang telah berkerak tersebut secara perlahan-lahan. Setelah dioleskan, Anda bisa mendiamkan terlebih dahulu kurang lebih 12 jam atau bisa juga semalaman.
  3. Setelah Anda mendiamkan semalaman saatnya untuk menyisir rambut tersebut dengan menggunakan sikat halus. Lakukan pembersihan tersebut secara perlahan sampai dengan mengelupas sedikit demi sedikit.
  4. Jika memang dirasa cukup, Anda bisa langsung cuci rambut buah hati dengan menggunakan shampo yang telah khusus disiapkan. Gosok secara perlahan sehingga kerak akan lebih cepat bersih.
  5. Setelah itulah lanjutkan dengan menggunakan waslap untuk mengeringkan kepala si kecil, sebelumnya air yang digunakan untuk mengelap tadi yaitu air hangat.
  6. Bilaslah sampai dengan bersih, sampai kerak kepala bayi benar-benar hilang.

Itulah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat kondisi kepala buah hati kesayangan lebih bersih. Dari segi kesehatan memang hal tersebut tidak terlalu membahayakan meskipun harus tidak dibersihkan. Tetapi alangkah baiknya jika hal itu Anda lakukan sejak dari kecil sehingga akan lebih mudah. Tetapi semua proses pembersihan tersebut juga harus melihat kondisi buah hati pula, jangan sampai memaksakan.

Kelapa merupakan bagian yang sangat riskan sekali bagi bayi, hal ini tentunya tidak bisa dilakukan perawatan secara sembarangan. Seperti ketika membersihkan kerak kepala bayi harus tepat, bersihkan secara perlahan dan rutin. Jika memang kesulitan sekali prosesnya bisa dilakukan secara berulang dan secara rutin. Perawatan yang baik akan menjadikan buah hati Anda lebih terlihat menarik dan tentunya lebih bersih. Sekian semoga dapat Anda praktekkan secara langsung pada buah hati.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *