Tips dan Trik

Cara Mudah Mengatasi Penyakit Cacar Air dengan Cepat

Cacar air merupakan sebuah penyakit yang banyak menyerang anak dibawah usia 10 tahun, akibat serangan dari virus varicella zoster, yang merupakan salah satu jenis virus penyebab terjadinya herpes. Namun tak jarang penyakit ini juga menyerang orang dewasa, karena sistem kekebalan tubuh mereka masih menurun. Penyakit ini pada umumnya akan mengalami perbaikan dan sedikit demi sedikit dapat menghilang, dengan terus meningkatnya zat antibodi pada tubuh penderita. Oleh karena itu tak jarang orang dewasa ataupun anak-anak yang sedang terkena salah satu jenis penyakit yang menyerang kulit ini, akan lebih disarankan untuk melakukan istirahat total, agar penyembuhan penyakit tersebut dapat dengan terlaksana dengan cepat.

 

Jika Anda ataupun putra putri Anda mengalami gejala yang menunjukkan akan terjangkit penyakit cacar, maka segeralah konsultasikan kepada dokter, agar Anda ataupun putra putri yang akan terserang penyakit ini dapat mengantisipasinya dengan mudah. Jenis penyakit kulit ini pada umumnya dapat menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, oleh karenanya vaksin ataupun imunisasi khusus untuk mencegah terjangkit cacar, akan disarankan untuk diberikan pada putra putri Anda, yang memang masih tergolong sebagai anak-anak, dimana sistem kekebalan tubuh mereka masih rentan.

 

Bagi Anda ataupun putra putri Anda yang sudah terlanjur terserang cacar air, berikut ini tips untuk mengatasi penyakit tersebut, yang antara lain adalah:

 

  • Berendamlah pada air dingin, jika memang tubuh Anda mulai menunjukkan terserang gejala penyakit ini setiap 4 jam sekali pada hari-hari pertama Anda terjangkit. Dengan berendam air dingin Anda akan dapat mengatasi rasa gatal yang ditimbulkan akibat cacar tersebut.
  • Reaksi tubuh terhadap serangan virus cacar, biasanya akan mengubah suhu tubuh menjadi lebih tinggi, jika muncul reaksi berupa demam, maka minumlah obat pereda demam, untuk menurunkan suhu tubuh Anda dalam hari-hari pertama virus mulai menyerang.
  • Jika muncul indikasi menyerang bagian mulut dan tenggorokan, dengan rasa sakit ketika menelan makanan, maka konsumsilah makanan dingin dan lembut untuk mengurangi rasa sakit tersebut seperti puding, es krim ataupun telur.

 Baca juga:Mengobati Cacar Anak

Beristirahat total didalam rumah dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, juga akan mencegah memburuknya penyakit cacar yang menyerang. Makanlah makanan bergizi dan jagalah pola istirahat Anda, sampai dengan sistem kekebalan tubuh Anda kembali dengan normal. Hindari mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat menimbulkan rasa gatal lebih, dan jangan menggaruk cacar ketika terasa gatal, karena hal tersebut dapat mengakibatkan bekas luka.

Untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit cacar air yang Anda idap, akan lebih disarankan bagi Anda untuk mengkonsultasikan dan memeriksakannya secara lebih detail kepada dokter, agar penyakit dapat diatasi dan diberikan obat dengan tepat. Istirahat total dan minumlah obat yang diberikan dokter secara teratur, agar penyakit yang Anda alami cepat sembuh.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *