Perlengkapan Bayi

Cara Tepat Memilih Mainan Bayi yang Cocok untuk Usia 4 Bulan

Menjadi orang tua, apalagi ketika pengalaman pertama bukanlah hal yang bisa mudah untuk dilakukan. Hal ini lantaran semua hal yang diberikan kepada si kecil harus dipersiapkan dengan benar-benar matang. Tentunya semua yang terbaik yang diberikan itu hanya untuk kebaikan dan juga tumbuh kembang maksimalnya. Selain memikirkan tentang pendidikan, nutrisi dan pakaiannya, jangan lupa untuk memikirkan mainan bayi. Mainan kerapkali disepelekan oleh orang tua, padahal perannya begitu penting untuk tumbuh kembang si kecil.

Jika Anda memiliki bayi dengan usia 4 bulan, maka memilihkan mainan untuknya juga harus disesuaikan. Pada usia ini, bayi sudah berkembang pada fisik, sosial, bahasa, emosi, pikiran, komunikasi hingga belajarnya. Di usia 4 bulan juga, berat badan pada anak akan bertambah sampai 2 kali lipat dibanding berat badan ketika dirinya lahir. Selain itu panjang badannya pun akan bertambah sebanyak 2 cm atau lebih. Biasanya untuk anak dengan usia 4 bulan sudah mulai suka untuk bermain dengan orang lain, meniru gerakan serta ekspresi wajah hingga menirukan suara.

Anak di usia ini sudah mulai bisa untuk diajak bermain. Berikut ini beberapa mainan bayi yang cocok untuk usia tersebut diantaranya

  1. Agar anak bisa aktif menggerakkan tangannya, maka pilih boneka sebagai mainannya. Namun pastikan memilih boneka yang lembut dengan bagian dalam berisi kapas. Selain itu pastikan juga agar boneka tersebut tidak memiliki detail tambahan yang bisa lepas misalnya kancing, bel hingga pita. Permainan dengan bahan karet yang bisa dicengkeram dan juga mengeluarkan suara juga bisa jadi pilihan.
  2. Untuk bisa merangsang saat pertumbuhan giginya, Anda juga bisa memberikan si kecil mainan yang bisa digigit misalnya mainan bentuk apapun dengan bahan silikon padat. Sebelum bermain ada baiknya untuk bisa mendinginkan lebih dulu ke dalam kulkas sebentar sehingga mampu meredakan nyeri ketika si kecil akan tumbuh gigi.
  3. Bacakan juga buku kepadanya sehingga kemampuan dalam berkomunikasi dan tata bahasa bisa bertambah. Anda juga bisa mengajarkannya bernyanyi sehingga si kecil bisa mudah menangkap bahasa.
  4. Si kecil akan mampu menanggapi respon jika Anda memberikan mainan yang bisa mengeluarkan suara saat disentuh atau di guncang. Untuk itu, Anda bisa menjadikan boneka bersuara sebagai pilihan mainan untuknya di usia 4 bulan tersebut

Itulah beberapa pilihan mainan bayi yang cocok untuk bayi berusia 4 bulan. Dalam masa tumbuh kembangnya, pastikan untuk selalu ada di dekat si kecil sehingga dirinya bisa nyaman dan terawasi. Meski Anda sibuk dengan pekerjaan atau apapun aktivitasnya, ada baiknya untuk tetap memberikannya perhatian dan waktu khusus sehingga tumbuh kembangnya bisa diperhatikan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *