Tips dan Trik

Cara Tepat Menaikkan Berat Badan Bayi Anda yang Baru Lahir

Bayi baru saja lahir pasti sering dilihat apakah mempunyai tinggi badan dan berat badan yang sesuai, jika itu normal pastinya sudah aman. Namun secara otomatis bagi bayi yang lahir secara premature pasti sering sekali mengalami kendala dengan berat badan bayi yang sangat kurang. Hal inilah yang sering membuat para ibu dengan anak premature mengalami masalah untuk menaikkan berat badan. Banyak hal yang menjadi faktor dalam hal ini, salah satunya adalah memperhatikan segala bentuk makanan ataupun minuman yang dikonsumsi anak.

 Cara Tepat Menaikkan Berat Badan Bayi Anda yang Baru Lahir

Sebenarnya untuk menaikkan bobot badan bayi yang baru lahir itu bukan masalah yang sulit, hanya saja orang tua perlu ketelatenan dalam merawatnya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang sesuai, seperti:

  • Jangan memberi makanan padat.

Yang pertama hindari memberikan makanan-makanan padat bagi buah hati yang masih mempunyai umur kecil. Karena makanan yang masuk pada anak dengan usia yang masih kurang sangat berpengaruh pada kesehatannya. Jangan sampai alih-alih menginginkan anak mempunyai bobot lebih tetapi yang terjadi malah kesehatan pencernaan anak terganggu.

  • Rajin memberikan ASI.

Bagi bayi yang baru salah lahir itu makanan dan minuman pokoknya adalah ASI, jika Anda memperhatikan hal itu saja pasti kemungkinan besar akan mudah sekali meningkatkan berat badan bayi Anda. Sesuaikan dengan jadwal anak, umumnya setiap 2 jam sekali bayi perlu diberikan ASI secara langsung.

  • Gunakan suplemen tambahan.

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperhatikan suplemen apa saja yang dapat meningkatkan nutrisi pada badan buah hati Anda. Ini sangat penting sekali, jadi apa saja yang dikonsumsi oleh ibu menyusui bisa berimbas pada anak.

  • Jam tidur bayi tepat.

Untuk bayi umumnya mempunyai jam tidur yang lebih panjang dari pada orang dewasa, artinya memang setiap harinya dipenuhi dengan tidur dan mengkonsumsi ASI. Jika hal itu Anda lakukan secara tepat pada anak pasti akan mempengaruhi tumbuh kembang bayi Anda, artinya berat badan bisa mudah naik.

  • Hindari ancaman kesehatan.

Bayi mempunyai daya tahan tubuh yang masih kurang sempurna jika dibandingkan dengan orang dewasa. Tidak heran jika mudah sekali terancam kesehatannya, untuk menghindari hal itu ada baiknya orang tua harus berhati-hati. Karena kesehatan anak juga akan berpengaruh terhadap perkembangan berat badan.

Diatas merupakan cara atau usaha apa saja yang bisa dilakukan untuk meningkatkan berat badan buah hati Anda dalam waktu cepat. Pada dasarnya berat badan bayi yang baik itu selalu menunjukkan peningkatan setiap bulannya, tidak perlu secara signifikan. Nah, dengan beberapa cara diatas bukan tidak mungkin bayi premature akan mempunyai berat badan normal seperti layaknya bayi pada umumnya dengan perawatan yang tepat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *