Tips dan Trik

Ceriakan Dunia Anak Dengan Mainan Edukatif

Dunia anak adalah dunia penuh dengan warna dan keceriaan. Masa pertumbuhan merupakan periode penting yang tidak boleh terlewatkan. Bisa dibilang masa tersebut merupakan periode emas, dimana anak akan mengalami perkembangan yang pesat.

Agar pertumbuhan dan kecerdasannya lebih maksimal, ayah dan bunda harus memberikan stimulus..Salah satu untuk menstimulus keterampilannya adalah dengan mainan yang sesuai dengan masa pertumbuhannya.

Memilih mainan untuk anak tidak bisa sembarangan memilih, karena mainan bagi anak bukan sekedar permainan namunlebih dari itu, jenis permainan yang tepat bisa membentuk kepribadian anak yang bermanfaat di masa depannya kelak. Untuk lebih jelas, berikut manfaat mainan untuk buah hati Anda:

Melatih Kemampuan Konsentrasi

Salah satu permainan edukatif anak adalah puzzle. Jenis mainan ini menuntut si kecil untuk fokus pada gambar dan bentuk. Tujuan puzzle adalah untuk menggali kemampuannya berkonsentrasi, selain itu permainan ini bisa melatih kesabaran buah hati Anda.

Memperkenalkan Bentuk, Warna Dan Ukuran

Jenis permainan edukatif lainnya yang melatih kecerdasannya adalah lego. Dengan permainan ini anak akan belajar mengenal macam-macam bentuk, perbedaan warna dan ukuran. Selain itu lego bisa dijadikan media untuk belajar berhitung.

Melatih Wawasan Dan Bahasa

Saat bermain bersama dengan anak, secara bersamaan Anda akan menjelaskan atau menuturkan cerita. Dengan demikian secara tidak langsung Anda sedang meningkatkan kemampuannya berbahasa dan memberikan wawasan.

Melatih Kecerdasan Spasial

Ada banyak permainan di dunia anak yang bisa melatih kecerdasan spasial, seperti: lego, mobil-mobilan dsb. Biasanya anak sulit membedakan antara kiri dan kanan, dengan permainan ini anak akan belajar mengingat dan memahaminya.

Baca Juga: Ceriakan Dunia Bayi Dengan Mainan Edukatif

Melatih Kemampuan Motorik

Mainan edukatif bisa melatih kecerdasan motorik kasar dan halus. Untuk merangsang motorik halus bisa dengan mengajak anak untuk meraih mainan, meraba dengan jari-jarinya dsb. Sedangkan motorik kasar bisa dirangsang dengan menggerak-gerakkan mainan, mengangkat, melempar dsb.

Melatih Kreativitas Dan Imanjinasi

Saat bermain anak akan berimajinasi sesuai dengan keinginannya. Hal tersebut mendorongnya  untuk kreatif dan mengembangkan keahlian anak dalam berimajinasi.

Memperkenalkan Konsep Sebab Akibat

Dengan memasukkan benda, melempar, menjalankan mainan ia akan memahami sebab akibat. Misalnya jika memasukkan benda yang ukurannya kecil dengan benda yang ukuran besar, ia akan memahami bahwa benda yang kecil lebih memungkinkan di masukkan ke dalam suatu tempat.

Melatih Anak Untuk Pecaya Diri

Membuat sesuatu bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Suatu hari kepercayaan diri akan berguna untuk kehidupannya, contohnya saat ia mulai bersosialisasi dengan teman-temannya.

Melatih Kerjasama

Bermain bersama-sama umumnya akan mengembangkan sifat kerjasama anak. Misalnya pada waktu bermain lego akan berbagi kerjasama dan berkolaborasi untuk membangun balok-balok lego. Di sinilah kerjasama anaka akan terasah.

Itulah beberapa manfaat mainan untuk dunia anak. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *