Tips dan Trik

Ceriakan Dunia Bayi Dengan Mainan Edukatif

Apapun yang berhubungan dengan dunia bayi sangat menarik untuk dibahas salah satunya adalah memilih mainan yang tepat sesuai dengan usia dan perkembangannya.Bermain untuk bayi bukan hanya sekedar mainan yang membuat hatinya senang saja, namun lebih dari itu bermain bisa menjadi media belajar dan merangsang kemampuan motorik halus dan kasar.

Memilih mainan bayi tidak harus mahal dan lengkap, walaupun mainannya sederhana asalkan bisa dimanfaatkan menjadi sarana menstimulus panca indra, bisa menjadi mainan yang edukatif.

Namun, memilih mainan harus sesuai dengan kemampuan dan perkembangan buah hati. Misalnya jika pandangannya sudah mulai berkembang dengan baik, bisa beri ia mainan yang warna warni dengan bahan yang aman.

Pembahasan dunia bayi berikut ini adalah mengenai jenis-jenis mainan yang cocok untuk bayi usia 1-3 bulan, khususnya mainan yang bisa menstimulus kemampuan penglihatan dan pendengarannya.

Mainan Yang Mengeluarkan Bunyi

Di masyarakat mainan bayi yang bisa mengeluarkan bunyi disebut dengan mainan kliningan. Anda bisa memilih mainan yang bentuknya unik dengan warna-warna cerah. Goyangkan mainan perlahan hingga mengeluarkan bunyi, sambil menyanyikan sebuah lagi. Apabila si kecil melihat mainan tersebut, coba gerakkan mainan ke sisi lainnya sambil dibunyikan.

Baca Juga: Beberapa Manfaat Mainan Bayi

Coba terus gerakkan ke tempat yang lain atau di sisi lain masih dalam ruangan. Amati apakah bayi menoleh dan menggerak gerakkan kepalanya. Coba beri kesempatan pada si kecil untuk memegang mainan kliningan. Mainan yang mengeluarkan bunyi tidak hanya bisa mengasah pendengaran dan penglihatan saja, namun juga merangsang perkembangan motorik halusnya saat ia memegang mainan.

Mainan Dengan Tekstur

Mainan yang memiliki tekstur bisa membuat bayi merasakan sensari yang baru. Coba cari boneka atau mainan lainnya yang memiliki tektur dengan bahan yang lembut, kasar dan padat. Coba sentuh mainan ke lengan bayi, awali dengan bahan yang lembut lalu lanjutkan dengan bahan yang kasar dan padat. Apabila si kecil ingin memegang mainan tersebut, biarkan. Namun tetap dalam pengawasan.

Mainan Berbentuk Gantungan

Salah satu jenis mainan yang banyak disukai oleh bayi dan bermanfaat pada waktu mengganti popok adalah mainan yang bentuknya gantungan. Biasanya mainan ini bisa berputar sambil mengeluarkan musik untuk bayi. Bayi akan senang, tandanya ia akan menggerakkan tangan dan kakinya, mencoba menangkap mainan yang menggantung. Mainan gantung tidak hanya bermanfaat mengasah koordinasi tangan dengan mata, namun bisa membantu si kecil mengenal beragam warna.

Mainan Boneka

Boneka tidak hanya untuk bayi perempuan saja, ada banyak jenis boneka yang bisa dimainkan oleh bayi laki-laki. Misalnya boneka teddy bear, boneka mobil dsb. Memilih boneka untuk bayi harus teliti dan tidak bisa asal-asalan. Perhatikan ukuran dan bahannya. Boneka bisa dijadikan media mengajarkan bayi berbicara, misalnya dengan membuat semacam dialog antara boneka dengan bayi.

Itulah beberapa jenis mainan yang cocok untuk bayi 1-3 bulan. Dengan memberikan mainan yang edukatif, dunia bayi semakin ceria dan penuh warna.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *