Tips dan Trik

Ciri-Ciri Anak Ajaib Serta Tokoh-tokoh Dunia yang Mengalaminya

Istilah child prodigy atau anak ajaib mengacu pada anak yang memiliki kemampuan atau prestasi yang menakjubkan dalam materi atau bidang tertentu seperti matematika, sains, catur atau musik. Jadi child prodigy dapat dibilang ama dengan talented child (anak berbakat) berdasarkan pengertian di atas. Contoh dari orang prodigy salah satunya dapat diwakilkan pada Uut Adianto yang merupakan salah seorang pecatur terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia. Ia juga termasuk salah seorang Grandmaster (GM) yang memiliki peringkat tertinggi di Indonesia sekaligus menjadi yang termuda karena ia meraih gelar tersebut pada usia 21 tahun. Ada beberapa ciri-ciri dari anak-anak prodigy, di antaranya:

  • Ciri-ciri fisik dan mental-intelektual.

Anak-anak prodigy memiliki tubuh yang sehat dan perkembangan psikomotorik serta kemampuan koordinasi yang melebihi rata-rata. Sedangkan ciri-ciri mental-intelektual dari anak-anak prodigy di antaranya adalah usia mental yang melebihi rata-rata anak normal, daya tangkap serta pemahamannya juga luar biasa. Selain itu, anak-anak prodigy juga memiliki rasa ingin tahu yang besar, selalu berusaha mencari jawaban, kreatif, mandiri dan mempunyai gaya belajar yang khas atau lain daripada yang lainnya.

  • Ciri-ciri emosional.

Sedangkan dilihat dari ciri-ciri emosional, anak ajaib memiliki rasa percaya diri yang tinggi, ia juga akan teguh pada pendiriannya (konsisten) hingga keinginannya dapat tercapai atau rasa keingintahuan nya terjawab. Tak hanya itu saja, anak-anak prodigy juga lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya dan senang terhadap hal-hal baru. Namun, ada ciri-ciri emosional yang kurang baik dari anak-anak prodigy di antaranya adalah egois, mudah bosan dengan rutinitas, cenderung meremehkan orang lain, dan sulit mempercayai orang lain kecuali yang sudah lama ia kenal.

Baca Juga: Sekilas Mengenai Ritual Potong Rambut Anak Ajaib dari Dieng

  • Ciri-ciri sosial.

Sama seperti anak normal pada umumnya, seorang anak prodigy juga dapat bersosialisasi dengan baik, hanya saja ia memiliki kecenderungan lebih senang bergaul dengan anak-anak yang usianya lebih tua, suka bekerja sendiri atau  tidak pernah mengandalkan orang lain, memiliki jiwa kepemimpinan dan terlihat menonjol daripada anak-anak sebayanya. Sayangnya anak prodigy sering mengalami kesulitan dalam bergaul dan sulit menyesuaikan diri dalam bidang-bidang lain di luar talentanya.

Bakat alam yang anak ajaib miliki ditentukan oleh tingkatan talenta yang mereka miliki pada usia mereka kala itu. Ada beberapa anak yang ajaib yang kemampuannya tergolong ekstrim seperti Mozart, Wolfgang Amadeus, dan Teresa Milanollo dalam bidang musik. Magnus Carlsen, Bobby Fischer, Judith Polgra, Paul Morphy, Sergey Karajkin dan Jose Casablanca dalam bidang catur. Carl Friedrich Gauss, John Von Neumann, Shakuntala Devi dan Terence Tao dalam bidang Matematika, Saul Kripke dalam bidang filsafat serta Pablo Picasso dan Wang Ximeng dalam bidang seni. Dalam bahasa Inggris, child prodigy juga sering disebut Wunderkind (Wonder Child).

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *