Tips dan Trik

Ciri-ciri Bayi Gemuk yang Mengalami Obesitas

Bayi gemuk menjadi salah satu acuan untuk orangtua apabila bayi itu sehat. Banyak orangtua yang senang apabila bayinya tumbuh subur dengan asupan nutrisi yang cukup diberikannya. Sehingga akan terlihat lucu dan juga gemuk. Selain itu bayi yang gemuk juga tanda bahwa nafsu makanannya baik dan tidak bermasalah. Akan tetapi ada baiknya bagi orangtua yang senang melihat bayinya gemuk ini untuk berhati-hati agar bayi tidak sampai mengalami obesitas. Karena apabila sejak kecil sudah obesitas maka bayi bisa mudah terkena penyakit dan juga akan mengganggu pertumbuhannya. Oleh karena itulah, sebaiknya perhatikan ciri-ciri berikut agar bayi Anda terhindar dari obesitas. Ciri-ciri bayi yang mengalami obesitas adalah sebagai berikut ini:

  • Berat badan yang melebihi rata-rata

Untuk mengetahui obesitas yang dialami oleh bayi tentu saja dari berat badannya. Apabila berat badannya memang berat tetapi masih batas normal seperti bayi lainnya maka hal tersebut tidak jadi masalah. Tetapi apabila berat badannya tidak seperti bayi seusianya dan mempunyai berat jauh lebih berat daripada bayi seusianya maka hal tersebut perlu diperhatikan dengan serius oleh orangtua. Perhatikan pertumbuhan berat badannya perbulan sehingga akan dapat diketahui apakah bayi tersebut obesitas atau tidak. Bayi yang mengalami obesitas biasanya berat badannya akan naik lebih dari kenaikan berat bayi pada umumnya.

  • Perubahan fisik yang nampak

Salah satu ciri-ciri bayi gemuk yang mengalami obesitas selanjutnya adalah yang terlihat dari fisiknya. Bayi yang mengalami obesitas tentu saja akan terlihat jelas dari berat badannya dimana melebihi berat badan bayi yang normal. Sedangkan dari fisiknya akan terlihat beberapa tanda seperti berikut ini yang harus diwaspadai oleh orangtua.

  • Mempunyai lipatan-lipatan di bagian tubuhnya. Seperti di tangan, kaki dan juga terutama pada dagunya.
  • Mempunyai pipi yang sangat tembem dan besar.
  • Mempunyai leher yang tidak terlihat dan tertutup oleh lemak.
  • Nafsu makan yang banyak

Bayi yang mengalami obesitas tentu saja akan mempunyai nafsu makan yang lebih besar. Biasanya mereka akan lebih mudah makan dan juga doyan dengan semua jenis makanan. Bahkan porsi makan untuk bayi yang obesitas ini sebanding dengan porsi makan untuk anak usia berada diatasnya. Sehingga tidak heran apabila berat badannya dapat naik dengan drastis.

Bayi yang mengalami obesitas ini tentu saja tidak baik untuk pertumbuhannya. Karena dapat menyebabkan penyakit seperti sesak nafas dan juga perkembangannya terganggu karena susah untuk bergerak. Sehingga walaupun ingin mempunyai bayi gemuk karena lebih lucu sebaiknya orangtua harus selalu menimbang berat badannya. Pastikan untuk berat badan anak selalu terkontrol dan masih diambang batas normal sehingga tidak sampai mengalami obesitas dini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *