Tips dan Trik

Ciri-Ciri Hamil Bayi Kembar

Mengandung bayi kembar tidak dapat di diteksi dengan kasat mata. Karena pada dasarnya gejala hamil bayi kembar dan bayi biasa tidak ada bedanya. Untuk tahap kehamilan kembar cenderung lebih ditekankan sebelum memasuki usia hamil normal.

Selain menggunakan USG, kehamilan bayi kembar bisa diketahui dengan beberapa tanda atau gejala. Seperti apa gejalanya? Simak ulasannya berikut ini.

Riwayat Keluarga

Potensi memiliki anak kembar bisa karena salah satu orangtuanya memiliki riwayat keluarga kembar. Walaupun belum terbukti pendapat tersebut, namun potensi memiliki anak kembar biasanya karena di keluarganya memiliki riwayat.

Mualnya Lebih Dari Mengandung Biasa

Morning sickness atau rasa mual pada waktu trimester pertama ibu yang hamil bayi kembar biasanya sangat ekstrim, sehingga ibu hamil sulit untuk memakan apapun.

Menolak Makanan Tertentu

Menolak makanan yang mengeluarkan aroma/ bau, tekstur atau karena penampilannya. Biasanya ibu hamil akan menolak makanan jenis daging, binatang laut, kopi atau teh. Biasanya ibu hamil menganggap makanan dan minuman tersebut menjijikkan.

Mudah Lelah Dan Sering Buang Air Kecil

Rasa lelah dan sering buang air kecil sering terjadi pada masa kehamilan dan itu terjadi pula pada ibu yang hamil normal. Namun beberapa ibu yang mengandung anak kembar biasanya sangat mudah lelah dan frekuensi buang air kecil lebih sering dibandingkan dengan kehamilan biasa.

Baca Juga: 5 Fakta Tentang Membesarkan Bayi Kembar

Merasakan Gerakan Bayi Lebih Dini

Gerakan bayi kembar biasanya dirasakan lebih awal dibandingkan dengan masa awal kehamilan.

Intuisi Ibu

Intuisi atau firasat seorang ibu/ calon ibu sangat kuat. Bisa saja tiba-tiba ibu hamil merasakan bahwa janin yang ada di dalam perutnya adalah dua janin. Bahkan beberapa orang ibu dari bayi kembar menyatakan bahwa sejak awal masa kehamilan mereka sudah tahu bahwa bayinya kembar.

Berat Badan Ibu Bertambah Dengan Cepat

Pertambahan berat badan biasanya saat awal atau trimester pertama. Ibu tidak perlu khawatir dengan bertambahnya berat badan karena penambahan berat badan sangat penting di awal kehamilan,.

Alpha Fetoprotein (AFP) Meningkat

AFP merupakan protein yang dilepaskan bayi pada saat dia tumbuh. AFP ditemukan di dalam darah ibu, jadi jika hamil kembar kandungan AFP akan meningkat.

Saat Di Cek, Dokter Mendengar Dua Detak Jantung

Detak jantung bisa diketahui saat usia kehamilan berusia 12 minggu. Sedangkan pada usia 28 minggu sudah bisa membedakan 2 kepala janin. Pada waktu pemeriksaan USG biasanya sudah bisa dilihat bentuk dan bagian tubuh janin.

Hasil Pemeriksaan USG

Jika Anda yakin bahwa janin yang dikandung adalah bayi kembar, maka bisa melakukan tes USG sejak awal kehamilan. Bahkan banyak ibu hamil yang mendiagnosa kehamilan kembar saat usia kehamilan 5 minggu atau 1 minggu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *