Tips dan Trik

Ciri dari Profesi Bidan yang Professional

Menjadi seorang bidan yang selalu membantu pada proses kelahiran adalah hal yang sangatlah mulia, sehingga hal inilah yang menjadikan para masyarakat setempat ingin mendapatkan pelayanan yang memuaskan pada saat proses persalinan. Sedangkan untuk profesi ini pun dapat dikatakan sebagai profesi yang professional apabila seseorang tersebut memiliki pengetahuan yang baik, memiliki ketrampilan, dan tentunya memiliki sikap yang professional dalam bekerja atau dalam melayani para pasiennya.

 

Mengingat bahwa untuk jenis profesi ini adalah jenis profesi yang melayani dalam bidang kesehatan, sehingga hal inilah yang menjadikan diri seseorang yang memiliki profesi ini haruslah berpegang teguh pada hal-hal yang memang diwajibkan untuk melakukan pelayanan yang tepat dan sesuai dalam melayani para masyarakat setempat yang membutuhkan bantuan. Bisa dikatakan professional apabila memperhatikan pada beberapa hal yang ada di bawah berikut ini yang akan membantu diri Anda agar bisa menilai profesi ini dengan sebaik mungkin.

 

Berikut ini criteria dari bidan yang professional dalam memberikan pelayanannya, yaitu sebagai berikut ini:

 

  1. Memberikan pelayanan yang khusus maupun spesialis kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan bantuannya.
  2. Memiliki jenjang pendidikan yang tinggi dan terbaik.
  3. Keberadaannya telah disetujui dan telah diakui oleh masyarakat.
  4. Memiliki fungsi serta peran yang jelas.
  5. Sudah memiliki kewenangan dan izin usaha jika memang membuka praktek di rumah.
  6. Memiliki kode etik dan sikap yang baik.
  7. Memiliki pendidikan serta ketrampilan yang mumpuni, karena dalam hal ini berhubungan dengan kesehatan yang dapat menyangkut pada nyawa seseorang, sehingga perhatikan hal ini dengan sebaik mungkin.
  8. Pelayanan dan pengobatannya dapat dipertanggungjawabkan dengan baik.
  9. Selalu menambahkan wawasan dan keterampilannya agar semakin luas dan dapat mencakup segala halnya yang berhubungan dengan profesinya.
  10. Berkomunikasi dengan baik terhadap pasien, pada pekerja kesehatan yang lainnya.

 

Dari beberapa hal yang ada di atas maka Anda dapat melakukan penilaian pada seseorang yang memang memiliki profesi dalam dunia kesehatan ini, sehingga menjadi seorang pasien yang tidak ingin merasa dirugikan haruslah melakukan tindakan yang tepat dan terbaiknya agar Anda sebagai pasien yang membutuhkan bantuan pun tetap dilayani dengan pelayanan yang sebagaimana mestinya.

Memiliki kepribadian yang baik dan etika yang sopan tentunya menjadi dambaan semua orang, dan siapa pun orang yang memiliki sikap dan etika yang baik dimana pun akan dihargai dan disanjung, terlebih lagi untuk seseorang yang menyandang profesi sebagai bidan, tentunya akan jauh lebih banyak bertemu oleh banyak orang, sehingga memperlihatkan bahwa Anda adalah orang yang professional dalam bidangnya dan siap memberikan pelayanan yang terbaiknya pun haruslah dilakukan dengan sebaik mungkin agar Anda tetap menjadi orang yang dapat dicontoh dan dapat dibanggakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *