Perlengkapan Bayi

Dampak Positif dan Negatif Baby Walker bagi Sang Buah Hati

Banyak kita jumpai para orang tua yang selalu memberikan mainan jenis apapun untuk menjadikan sang anak agar dapat merangsang tumbuh kembang yang baik dan cepat. Sehingga tidak jarang para orang tua memberikan rangsangan-rangsangan melalui bentuk permainan yang dipergunakan untuk bayi, salah satunya yaitu baby walker. Mainan bayi yang satu ini memang memiliki banyak manfaat pada sang bayi. Akan tetapi banyaknya manfaat tersebut pun juga memiliki permasalahan yang juga akan memberikan dampak yang buruk bagi sang bayi.

Orang tua manapun rela mengeluarkan banyak uang untuk memberikan segala hal untuk sang buah hatinya, termasuk dengan memberikan mainan dengan harga yang cukup mahal, dengan tujuan agar sang anak mampu berkembang dengan baik dan cepat, namun di balik tujuan mulia Anda tersebut, tetaplah perhatikan akan dampak buruk yang akan di dapatkan oleh sang buah hati dari permainan yang digunakannya tersebut.

Berikut ini manfaat yang akan Anda dapatkan dengan memberikan baby walker kepada bayi Anda, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Melatih sang buah hati agar dapat berjalan.
  2. Membantu sang bayi untuk menggerakkan badannya untuk bergeser kesana kemari.
  3. Dapat menenangkan sang bayi.
  4. dapat menghindarkan kebosanan pada sang anak karena terlalu lama bermain di lantai atau di kasur.

Namun disisi lain dari keuntungan yang ada di atas, tanpa Anda sadari pun mainan yang memiliki 4 roda tersebut pun juga memiliki kerugian, yaitu sebagai berikut ini:

  1. Menjadikan sang anak malas untuk berjalan, karena sudah terbiasa dengan menggunakan permainan tersebut.
  2. Menjadikan sang anak berjalan dengan jinjit.
  3. Dapat terjadinya kecelakaan pada sang bayi.

Memberikan rangsangan pada sang anak dalam bentuk permainan merupakan suatu hal yang sah-sah saja, asalkan Anda tetap memperhatikan dari segi negatifnya pula, jangan memberikan permainan dari segi positifnya saja, karena memberikan permainan tanpa melihat dari segi negatifnya maka hal ini akan memberikan dampak yang sangat buruk pada bayi Anda.

Jika Anda telah mengetahui informasi ini, maka sebelum hal ini terlanjur semakin jauh, maka hindarilah permainan ini, namun jika Anda sudah terlanjur membelinya, maka tidak ada salahnya jika Anda sekali-kali memberikan permainan itu kepada anak Anda, asalkan tidak memberikan mainan ini setiap harinya dan dalam jangka waktu yang lumayan. Karena apabila hal ini terus Anda lakukan dalam waktu yang lama, maka lama kelamaan bayi Anda tidak akan berjalan dengan cepat, justru akan mengalami gangguan pada cara berjalan anak Anda.

Menjadi orang tua memang haruslah pandai dalam hal memberikan segala sesuatu kepada sang anak, terlebih lagi dalam hal memberikan permainan kepada sang anak, karena di pasaran untuk saat ini banyak sekali permainan bayi yang dijual dengan berbagai macam dan jenis yang dapat untuk Anda pilih sesuai dengan kebutuhan bayi, namun sebelum memutuskan untuk memberikan segala hal mainan dalam bentuk apapun, tetaplah lihat dari segi negatifnya pula, jangan hanya melihatnya dari sisi positifnya saja. Sama halnya dalam hal memberikan baby walker kepada sang bayi, meskipun mainan ini memiliki banyak manfaat, maka satu segi negatifnya pun mampu menghancurkan banyak manfaat yang ada di dalam nya, sehingga jadilah orang tua yang cerdas dalam melindungi sang buah hati.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *